Ceko Tunda Ganti Rudal SA-6 Gainful

Sistem rudal pertahanan udara jarak pendek SA-6 Gainful (foto : Armyrecognition)

Kementerian Pertahanan Republik Ceko telah memutuskan untuk menunda pembelian sistem pertahanan udara jarak pendek hingga tahun 2020, rilis Jane.

Dibawah kontrak, yang nilainya diperkirakan mencapai CZK 10 miliar (sekitar US$ 427 juta), Ceko direncanakan akan mengganti sistem rudal pertahanan Kub 2K12 buatan era-Soviet yang saat ini digunakan.

Program ini bertujuan untuk memperoleh 4 baterai anti-pesawat jarak pendek (SHORAD). Perjanjian pengadaan tersebut mencakup penjualan sistem yang lengkap, termasuk sistem peluncur dan rudal, dukungan teknologi dan memastikan keamanan teknologi penuh. Pada tahun 2016, permintaan dikirim ke produsen persenjataan MBDA, Raytheon dan IAI.

Menurut informasi yang diberikan, sistem ditetapkan mampu memerangi target pada jarak 20 hingga 50 km, tahan terhadap gangguan jammer aktif dan pasif, dan menggunakan protokol Link-16 dan Link-11B. Sistem rudal akan ditempatkan pada chassis truk Tatra 815-7 8 × 8 buatan dalam negeri Ceko dan dapat diangkut di atas pesawat angkut A400M, C-130 atau C-17.

Empat baterai SHORAD mobile-tinggi akan menggantikan empat sistem rudal 2K12 Kub yang digunakan oleh Ceko dan tergabung dalam resimen anti-pesawat ke-25, yang juga dilengkapi rudal jarak pendek RBS-70 modern.

Sistem 2K12 Kub era Soviet (NATO menamakannya SA-6 Gainful), meskipun sudah modernisasi oleh Republik Ceko hampir satu dekade yang lalu, tetap tidak memenuhi persyaratan perang di era modern ini.

Penggantian sistem rudal Kub direncanakan dilakukan pada akhir tahun 2019, namun dalam sebuah wawancara dengan Janes Defense, wakil menteri pertahanan Republik Ceko Filip Riha, menyatakan ditunda hingga satu tahun. Ini adalah keputusan terkait pemotongan anggaran pertahanan Ceko untuk tahun 2020 sekitar 800 juta Koruna. Menurut Riha, ini adalah satu-satunya program strategis yang ditunda.

Defence24

Sharing

Tinggalkan komentar