AS Setujui Penjualan Tambahan Rudal Anti Tank Javelin ke Ukraina

Rudal anti tank Javelin ditembakkan tentara Ukraina (foto : Alexander Turchinov)

Pemerintah AS menyetujui penjualan tambahan 150 unit rudal anti-tank FGM-148 Javelin dan peluncurnya senilai US$ 39 juta ke Ukraina, lansir Bloomberg pada 1 Oktober 2019 yang mengutip dari tiga pejabat AS yang tidak disebutkan. Penjualan tersebut telah disetujui oleh Departemen Luar Negeri dan Kongres AS.

Menurut Bloomberg, Ukraina mengajukan permintaan resmi untuk pasokan tambahan rudal anti tank ini pada awal musim panas, dan pengiriman ini akan dilakukan di luar paket bantuan militer AS ke Ukraina senilai US$ 250 juta.

Sebelumnya pada April – Me 2018, Departemen Pertahanan AS sudah mengirimkan rudal FGM-148 Javelin portabel ke Ukraina melalui Penjualan Militer Luar Negeri (FMS) Amerika Serikat senilai US$ 47 juta. Pengiriman termasuk 37 peluncur CLU portabel (termasuk dua sebagai suku cadang) dan 210 rudal anti-tank Javelin, serta beberapa simulator Basic Skill Trainers (BST) yang diangkut dengan pesawat angkut Boeing C-17A.

Ukraina adalah penerima kedua rudal anti tank ATGM Javelin di antara bekas republik Soviet (tidak termasuk negara-negara Baltik) setelah Georgia, yang menerima batch pertama rudal ini pada Januari 2018.

Livejournal BMPD

3 pemikiran pada “AS Setujui Penjualan Tambahan Rudal Anti Tank Javelin ke Ukraina”

Tinggalkan komentar