Belarusia Berharap Su-30SM Dikirimkan Bulan Depan

Su-30SM Belarusia (foto : Russian Planes.NET)

Belarus mengharapkan pengiriman empat jet tempur Sukhoi Su-30SM buatan Rusia pada bulan November, kata Menteri Pertahanan Belarusia Andrei Ravkov kepada wartawan, lansir Tass.

“Pengiriman empat pesawat Su-30SM pertama diharapkan pada November tahun ini,” kata Menteri Pertahanan.

Perjanjian yang ditandatangani dengan Rusia pada tahun 2017 telah mulai berlaku dan pembiayaannya telah dimulai, katanya.

Petinggi Belarusia sebelumnya menyatakan bahwa Belarus mengharapkan dimulainya pengiriman pesawat Su-30SM Rusia pada tahun 2019.

Kementerian Pertahanan Belarus menandatangani kontrak dengan Irkut Aviation Corporation Rusia pada 2017 untuk pengiriman 12 pesawat tempur Su-30SM pada 2018-2020. Belarus diharapkan menerima hingga empat pesawat per tahun.

Su-30SM adalah jet tempur supermanuver upgrade dari generasi 4 ++. Su-30SM memiliki jangkauan operasi 1.500 km dan daya tahan penerbangan 3,5 jam tanpa pengisian bahan bakar.

Su-30SM dilengkapi tambahan sayap canard di depan sayap utama untuk mengimbangi dan meningkatkan efektifitas dua mesin Saturnus AL-31FP yang hanya memiliki daya vektoring 2 Dimensi, yang tetap memberikan S-30SM kemampuan manuver yang luar biasa lincah.

Hadirnya Su-30SM diharapkan dapat meningkatkan kekuatan udara Belarusia secara signifikan karena hanya diperkuat dengan pesawat serang Su-25 dan MiG-29 yang sudah tua.

Sharing

2 pemikiran pada “Belarusia Berharap Su-30SM Dikirimkan Bulan Depan”

Tinggalkan komentar