X-37B Drone Luar Angkasa AS

 

Menyerupai pesawat ruang angkasa kecil, X-37B tanpa awak mendarat di California selatan setelah 674 hari di orbit pada misi rahasia ( photo : US AIR FORCE / Reuters
Menyerupai pesawat ruang angkasa kecil, X-37B tanpa awak mendarat di California selatan setelah 674 hari di orbit pada misi rahasia ( photo : US AIR FORCE / Reuters

Sebuah pesawat ruang angkasa rahasia tanpa awak pada hari Jumat mendarat di sebuah pangkalan udara di pantai selatan California.

Pesawat menghabiskan hampir dua tahun mengelilingi Bumi pada misi rahasia. Dikenal sebagai X-37B, itu menyerupai pesawat luar angkasa mini.

“Dengan aman mendarat pada hari Jumat jam 09:24 waktu setempat”, ungkap Pejabat di Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg.

Apa yang pesawat itu lakukan selama 674 hari di orbit, telah menjadi spekulasi banyak pihak.

Beberapa ahli telah berteori Pesawat itu mungkin membawa muatan peralatan mata-mata di ruang kargonya. Teori lain mengatakan mirip seperti film James Bond, pesawat ruang angkasa itu mungkin mampu menangkap satelit dari negara-negara lain atau memata matai lab luar angkasa China.

Dalam siaran tertulis USAF mengatakan Pesawat itu hanya melakukan “percobaan di Orbit”.

Program X-37B telah menjadi program tunggal dan berkembang sejak didirikan pada tahun 1999 oleh beberapa badan federal Amerika di antaranya NASA dan sekarang berada di bawah Kementrian Angkatan udara.

Pesawat yang mendarat pada hari Jumat adalah salah satu dari dua pesawat yang dibangun oleh Boeing. Ini adalah program misi ketiga, dan dimulai pada bulan Desember 2012.

Pesawat ini memiliki tinggi 3 meter lebih, panjang 10m, dengan lebar sayap 4,5m dan berat hampir 4,5 ton. X-37B memiliki panel tenaga surya untuk mengisi baterainya di orbit.

Angkatan udara AS mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan misi X-37B keempat dari Cape Canaveral, Florida, tahun depan.

Di saat Negara negara lain seperti Indonesia masih tertatih dengan program drone surveillance maupun drone bersenjata, Amerika sudah melangkah lebih maju lagi dgn Drone Luar angkasanya.

Pengirim : Pecinta Wanita (biro jepara)

Sumber : Theguardian.com

Sharing

Tinggalkan komentar