Melihat Kokpit KF-X yang Futuristik

Kokpit futuristic jet tempur KF-X (foto : Greg Waldron/FlightGlobal)

Korea Selatan meluncurkan replika ukuran sebenarnya jet tempur KF-X di perhelatan acara di Seoul International Aerospace and Defense Exhibition (ADEX). Salah satu yang menarik yang terlihat pada KF-X adalah kokpit canggih yang bakal diterapkan pada pesawat tempur next-gen Korea Selatan itu.

Dilansir oleh Flighglobal, kokpit KF-X akan memiliki layar full touchscreen yang terintegrasi dengan helm pilot dan heads-up display.

Sebuah mock-up kokpit baru untuk pengembangan jet tempur KF-X di tampilkan stand perusahaan KAI yang menggambarkan layar sentuh panel tunggal yang menggantikan multi-function display model lawas.

Layar menawarkan berbagai informasi taktis termasuk trek radar, status persenjataan, status mesin dan data kunci lainnya.

Kokpit futuristic jet tempur KF-X (foto : bemil.chosun)

Berbeda dengan layar sentuh yang biasa di gunakan pada smartphone dan tablet, tombol layar akan membutuhkan tekanan yang lebih besar untuk input, kata KAI. Ini membantu mengurangi kesalahan tracking error yang diakibatkan dari noda atau goresan.

Selanjutnya, kokpit akan menampilkan fungsionalitas HOTAS (hands-on-throttle-and-stick). Ini memungkinkan pilot untuk mengoperasikan fungsi utama pesawat dari kontrol stik samping dan throttle. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran situasional pilot yang bisa lebih terfokus situasi di luar kokpit.

KAI berencana untuk meluncurkan prototipe KF-X pertama pada awal tahun 2021.

Sharing

Satu pemikiran pada “Melihat Kokpit KF-X yang Futuristik”

Tinggalkan komentar