Kilas Jet Tempur MiG-25 yang Menggentarkan AS

File:Mig-25, From Wikimedia Commons, the free media repository.

Jakaatagreater.com  –  Pesawat tempur MiG-25 yang dibuat tahun 1964 masih tetap lebih cepat dari pada pesawat tempur lainnya bahkan dari generasi keempat dan kelima, dirilis Sputniknews.com 21-10-2019.

Jet tempur tercepat di dunia, MiG-25 (nama pelaporan NATO Foxbat) menakutkan AS dan sekutu NATO-nya ketika dirancang oleh Uni Soviet, menurut portal bertema militer We Are the Mighty.

Desain turbojet-nya memungkinkan pesawat mencapai kecepatan 2,8 Mach (sekitar 3.500 km / jam, atau 2.150 mph) dalam kondisi operasional, atau bahkan 3,2 Mach (mendekati 4.000 km / jam atau 2.450 mph). Kecepatan pesawat dikombinasikan dengan kemungkinan kemampuan bermanuvernya akan membuat pesawat Barat jauh di belakang.

Namun, setelah seorang pilot Soviet membelot ke Jepang dengan MiG-25-nya pada tahun 1976, blok itu menguji pesawat, mengetahui bahwa ia tidak memiliki sistem radar penembakan, dan tidak cukup bermanuver untuk mengalahkan para pesaingnya.

SR-71 dan MiG-25

Ketika SR-71 Blackbird diungkapkan kepada publik oleh Presiden Amerika Serikat Lyndon B. Johnson pada tahun 1964, Soviet terperanjat. Faktanya adalah, SR-71 tidak dapat disergap oleh pertahanan udara apa pun, menjadikannya hampir kebal karena kecepatannya yang tinggi dan ketinggian yang tinggi.

Soviet, bagaimanapun, memiliki pesawat yang bisa mengejar jarak dekat. Pesawat itu adalah MiG-25 Foxbat dan awalnya dirancang untuk menyergap badan pesawat mematikan lainnya, bomber B-70 Valkyrie, dirilis situs WeAreTheMighty.com.

Valkyrie tidak pernah beroperasi, tetapi Soviet masih mendorong MiG-25, terutama setelah SR-71 terungkap. Bagaimanapun, itu adalah satu-satunya pesawat yang memiliki harapan menangkap Blackbird – dan bahkan kemudian, itu adalah harapan yang sangat, sangat samar.

Di saat SR-71 dibangun dalam jumlah yang sangat kecil, Soviet membangun banyak MiG-25 – hampir 1.200 diproduksi. Beberapa diekspor ke negara-negara seperti Suriah, Irak, dan Libya, tetapi banyak yang tetap dalam pelayanan Soviet.

Pesawat memiliki kecepatan tertinggi 2.156 mil per jam (dibandingkan dengan Blackbird 2.200 mil per jam) dan senjata utamanya adalah Acrid AA-6. AA-6 Acrid sangat besar, mengemas hulu ledak tinggi seberat 150 pon. Pesawat memiliki jangkauan maksimum sekitar 30 mil dan bisa mencapai Mach 4,5.

The Foxbat awalnya dimaksudkan untuk menjadi pembom-pembunuh, tetapi ada suasana misteri di sekitar pesawat ini. Misteri itu diperparah oleh penampilan luar biasa dari varian pengintaian sebelum Perang Yom Kippur.

Pilot Soviet yang terbang dari Mesir mampu menghindari F-4 Israel. Itu saja memicu banyak kekhawatiran di Amerika Serikat. Munculnya MiG-25 mendorong Angkatan Udara untuk memulai pengembangan apa yang menjadi F-15 Eagle. Kedua pesawat akan berhadapan dengan Timur Tengah di atas Libanon dan Irak, dan MiG-25 akan muncul di tempat kedua.

Beberapa sumber mengklaim bahwa MiG-25 Irak bertanggung jawab atas penembakan Hornet F/A-18 yang dipiloti oleh Scott Speicher pada hari pembukaan Operasi Dessert Storm, tetapi yang lain mengklaim bahwa Pedoman SA-2 yang harus disalahkan.

Sharing

7 pemikiran pada “Kilas Jet Tempur MiG-25 yang Menggentarkan AS”

      • Kgk juga begitu sih bung, masalahnya amerika yg lemot banget, krna russia diera kekaisaran russia banyak ilmuannya yg mmpengaruhi dunia dibidang penerbangan pesawat brbalut logam, hovercraf, kereta api efisien yaitu kereta gerbong listrik, roket, astronitika pd tahun 1984 yg sudh menyelesaikan teorinya namun penginplementasi teori trsebut tdk didukung kaisar russia krna krisis moneter, sehingga teorinya trsebut digunakn para ilmuan dr berbagai negara, tpi diera kekaisaran russia ada juga ilmuan yg menggunakn uang sakunya utk menginplementasikan teori trsebut yaitu pesawat bomber pertama didunia ilya M, pesawat terbesar didunia dgn daya angkut trberat didunia & pesawat sipil jarak jauh pertama didunia dr moskva ke new york, setelah ww2 yg soviet dilanda kehancuran negrinya & mmbangun negrinya mnjd lbh baik disaat itu pula soviet menuju masa depan yg mempengaruhi dunia maka lahirlah penerbangan luar angkasa prtama didunia & amerika yg negrinya tdk hancur & barat hanya sedikit negrinya hancur msh juga trtinggal dr soviet, jd yg lemot itu amerika & barat bung

Tinggalkan komentar