Korea Utara Luncurkan Dua Proyektil Diduga Rudal Balistik

dok. Korea Utara Tembakkan Dua Rudal ke Laut Jepang (East Sea). (@ NK News North Korea)

Seoul, Jakartagreater.com   –   Korea Utara menembakkan dua proyektil, yang menurut otoritas Jepang tampak sebagai Rudal Balistik, ke laut antara Semenanjung Korea dan Jepang pada Kamis, 31-10-2019, ujar penjaga pantai Jepang dan militer Korea Selatan.

Kedua “proyektil tak dikenal” itu ditembakkan Kamis sore dari Provinsi Phyongan Selatan, di pusat negara itu, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) dalam sebuah pernyataan, dirilis Antara.

Otoritas Jepang mengatakan bahwa proyektil tersebut mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang (ZEE), yang membentang 200 mil laut (370 kilometer) dari darat.

“Objek yang tampaknya merupakan Rudal Balistik diluncurkan dari Korea Utara,” kata kementerian pertahanan Jepang dalam sebuah pernyataan. “Mereka tidak mendarat di wilayah kita.”

Waktu peluncuran sore hari adalah kebiasaan yang dimulai dari serangkaian tes tahun ini, yang biasanya berlangsung sekitar fajar. Peluncuran juga terjadi pada hari ketika Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menghadiri pemakaman ibunya, yang meninggal pada Selasa 29-10-2019.

Dalam sebuah pesan yang disampaikan melalui desa perbatasan Panmunjom Rabu malam, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah menyatakan “belasungkawa yang mendalam” kepada Moon atas kematian ibunya, kantor Moon mengatakan pada Kamis 31-10-2019.

Pada Rabu 30-10-2019, kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan bahwa pergerakan peluncur pengangkut (TEL), yang digunakan untuk menembakkan Rudal, telah terdeteksi di Korea Utara.

“Militer kami terus bersiaga sambil melacak dan memantau perkembangan terkait dalam persiapan untuk peluncuran lain,” kata JCS dalam sebuah pernyataan setelah peluncuran pada Kamis.

Kim Dong-yup, mantan perwira angkatan laut yang mengajar di Universitas Kyungnam Seoul, mengatakan peluncuran itu bisa disebut “rangkaian uji coba yang dilangsungkan” atas sistem roket ganda yang baru dikembangkan, dengan tujuan menyelaraskan sistem agar dapat berfungsi secara penuh.

Sharing

6 pemikiran pada “Korea Utara Luncurkan Dua Proyektil Diduga Rudal Balistik”

  1. Ini negara bengal yang super sibuk testing luncurkan rudal melulu padahal buat makan saja sulit, tapi salut juga karena sudah kuasai teknologi rudal dan tidak mudah digertak, sungguh bermental baja dan berhati beku demi jaga harga diri dan kedaulatan negaranya…

Tinggalkan komentar