Boresighting dan Zeroing MBT Leopard Yonkav 1 Kostrad

Martapura, Jakartagreater.com – Batalyon Kavaleri 1 Kostrad melaksanakan Boresighting dan zeroing pada Ranpur MBT Leopard di Pusat latihan tempur Martapura, Sumatera Selatan, Selasa, 5-11-2019 .

Kegiatan ini adalah program Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) dalam membina satuan Kavaleri salah satunya untuk mewujudkan efektifitas dan akurasi tembakan MBT Leopard yang cepat, tepat dan akurat sehingga meningkatkan kesiapan operasional Ranpur.

Boresighting adalah penyesuaian Microwave atau antena radar untuk menyelaraskan lubang tembakan sedangkan Zeroing adalah menguji presisi tembakan kanon dengan menembak sasaran berupa lesan.

Dirbinsen Pussenkav Kodiklat TNI AD Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra S.Sos., M.Si (Han) mengatakan bahwa kegiatan Boresighting dan Zeroing ini dilaksanakan pada MBT Leopard yang mana pada pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada Ranpur MBT Leopard yang terdapat di Yonkav 1 Kostrad melainkan pada satuan lain juga, seperti yang kami laksanakan sebelumnya pada Ranpur MBT Leopard yang terdapat di satuan Yonkav 8 Kostrad.

Setelah melaksanakan Boresighting, maka kegiatan selanjutnya adalah Zeroing. Untuk Zeroing, setiap Ranpur menembakkan 3 buah munisi pada setiap jenisnya. Sasaran tembak berupa Lesan yang nantinya dari sasaran itu akan didapatkan hasil yang akan dimasukkan ke sistem penembakan MBT Leopard. Karena Setiap jenis munisi memiliki pengaturan penembakan masing-masing.

blank

Kegiatan Zeroing di tinjau langsung oleh Danpussenkav Kodiklatad Brigjen TNI Ana Supriatna, S.I.P., M.Si, Dirlat Kodiklatad Brigjend TNI Hariyanto yang dimpingi oleh Danpuslatpur Kolonel Inf Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr (Han) dan Danyonkav 1 Kostrad Letnan Kolonel Kav Yudhi Prasetyo P. S.Sos., M.Si. (Penkostrad).

Sharing

Tinggalkan komentar