Uji Seeker Sistem Autopilot dan Warhead Fuze Rudal Petir

rudal petir 11
dok. Prototype Rudal Petir

Lumajang, Jakartagreater.com – Puslitbang Alpalhan Balitbang Kementerian Pertahanan kembali menguji pengembangan Rudal petir tahap III-IV di Lumajang, Jawa Tmur. Uji dinamis pengembangan Rudal petir tahap III-IV disaksikan oleh Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Martono, para pejabat di lingkungan Kemhan, serta tim uji coba dari PT. Sari Bahari Malang, dirilis situs Kemhan RI, 06-11-2019.

Pada hari Selasa, 5 November 2019 diadakan paparan oleh pihak PT. Sari Bahari, selesai paparan dilanjutkan sesi tanya jawab oleh para tim uji dinamis. Pelaksanaan uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Sari Bahari.

uji rudal petir tahan 4
Uji dinamis pengembangan rudal petir tahap III-IV. (@ Kemhan RI

Pada pelaksanaan uji dinamis diawali sambutan dari PT. Sari Bahari dan Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan. Uji dinamis bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengembangan seeker, sistem autopilot, warhead fuze, serta peluncur ejector system dan pembuktian performa Rudal petir untuk mencapai kemampuan yang sesungguhnya di lapangan.

Uji dinamis ini dilaksanakan guna mendapatkan masukan, sehingga rencana pembangunan dan pengembangan bidang industri teknologi roket dan Rudal dapat berjalan dengan baik sesuai kebijakan pemerintah. Acara uji dinamis yang dilaksanakan sekarang ini merupakan suatu upaya untuk mengurangi ketergantungan Alutsista dari luar negeri.

10 thoughts on “Uji Seeker Sistem Autopilot dan Warhead Fuze Rudal Petir”

  1. Jarak jangkauan maximalnya brp.? Sanggup 300 Km.? Lalu kecepatannya semoga sdh supersonic. Krn gak jamannya lg rudal dng kecepatan subsonic.

    • masih subsonic ini bung, khan klasifikasinya rudal jelajah …. tapi sebagai rudal jelajah jangkauan juga masih minimal , maklumlah size masih seperempat tomahawk…
      sukses selalu Sari Bahari ….

      • Kalo rudal jelajah, memang rata2 subsonic. Krn infonya ini menggunakan seeker GPS.
        Saya pikir tadi akan disetting rudal anti kapal bung.

    • Data hasil ndak perlu di pablis bang, penting ni rudal mampu meluncur dgn kecepatan tinggi dan menghancurkan sasaran dinamis yg juga lagi meluncur cepat di udara, didokumentasikan dan di aplod ke youtube …itu dah bagus sebagai bukti

Leave a Comment