Uji Friend or Foe KRI Malahayati

CN235-220 MPA. (@ IKAHAN)

Madura, Jakartagreater.com  –  Dalam peperangan yang sesungguhnya, Identification Friend or Foe (IFF) sangatlah diperlukan untuk menghindari Friendly fire. Salah satu misi yang dilaksanakan Pesawat CN-235 kali ini adalah melaksanakan Uji Friend or Foe (IFF) dengan KRI Malahayati-362. Uji Fungsi dilaksanakan di Perairan Utara Pulau Madura.

Hari Sabtu 15 November 2019 di saat sebagian prajurit melaksanakan Dinas Hari Minggu, satu setting Crew menyiapkan Pesud CN-235 dan terbang dari Lanudal Juanda dengan ketinggian 16.000 feet/4800 meter di atas permukaaan laut, di bawah kendali Capt. Pilot Mayor Laut (P) Novi Manunggal yang sehari hari menjabat sebagai Wakil Komandan Skuadron 600 Wing Udara 2.

Untuk pelaksanaan dan keberhasilan uji fungsi IFF ini membutuhkan peran dari pesawat udara (Pesud) Puspenerbal sekaligus melatih kemampuan awak Pesud maupun Kapal untuk dapat melaksanakan Tugas Pokok. Keberhasilan awak Pesud dalam menjalankan misinya terletak pada profesionalisme, loyalitas dan keiklasan serta tanggung jawab yang diembannya.

Uji Friend or Foe KRI Malahayati dengan CN235-220 MPA. (@ TNI AL)

Pelaksanaan uji IFF dilaksanakan selama 3 jam, Pesud CN235-220 MPA Take Off dari Pangkalan Juanda ke Utara Pulau Madura, KRI Malahayati yang sudah berada di Utara Madura terlebih dahulu memancarkan kode IFF kemudian Pancaran kode IFF tersebut diterima oleh Pesud sampai dengan jarak 110 NM. Diawali dengan jaring Komunikasi/ Air Joinning Prosedur (AJP) yang kemudian Pesud CN beralih kontrol di bawah kendali komunikasi KRI MLH-362.

Selama pelaksanaan uji IFF tidak ditemukan kendala-kendala antara Pesud dan KRI, baik pengawakan komunikasi maupun pengawakan mission system/Sewaco KRI berjalan dengan baik dan lancar. (@ TNI AL).

Sharing

2 pemikiran pada “Uji Friend or Foe KRI Malahayati”

Tinggalkan komentar