Advance Flight Training 2019 di Lanud Abdulrachman Saleh

Malang, Jakartagreater.com   –   Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kadisopslatau) Marsekal Pertama TNI Kusworo, S.E., M.M., membuka kegiatan Advance Flight Training (AFT) pesawat EMB 314 Super Tucano Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, pada Selasa 19-11-2019. AFT adalah semacam peningkatan kemampuan penerbang dipadukan dengan taktik dan strategi dalam melaksanakan suatu misi operasi udara.

Dalam sambutannya Kadisopslatau Marsekal Pertama TNI Kusworo, S.E., M.M., antara lain menyatakan maksud dilaksanakannya AFT adalah untuk memberikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan para penerbang pesawat Super Tucano dalam mengoperasikan Alutsista secara optimal, khususnya pelaksanaan misi penyerangan air to ground dengan menggunakan berbagai jenis amunisi yang terdapat di inventory pesawat Super Tucano.

Hasil akhirnya adalah para penerbang dapat memadukan antara taktik dan strategi dengan kemampuan yang dimiliki oleh pesawat Super Tucano dalam melaksanakan misi operasi udara.

Pelatihan AFT dilaksanakan dengan 2 kegiatan utama selain praktek terbang juga teori di kelas, selama beberapa minggu ke depan. Kegiatan diikuti oleh sekitar 8 penerbang, termasuk Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Hery Stiawan, S. Sos., MAP., dengan instrukturnya antara lain Major (ret) David Patrick dan Capt (ret) Mikhael S., dari Canada.

Upacara pembukaan antara lain dihadiri oleh pejabat Disopslatau, Asops Koopsau II Kolonel Pnb Erwan Andrian, Danwing 2 Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, Para Kadis, para komandan satuan dan para kepala seksi Lanud Abd Saleh, dengan peserta dari anggota Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh. Upacara ditandai dengan penyematan tanda siswa,ucapan selamat dan foto bersama. (tni-au.mil.id)

Sharing

Tinggalkan komentar