Belarusia Terima Lagi Dua Su-30SM

Su-30SM (foto : Departemen Pertahanan Rusia)

JakartaGreater.com – Rusia telah mengirim lagi dua jet tempur multi-peran Su-30SM ke Belarus, beberapa hari setelah negara itu menerima dua pesawat Su-30SM pertama pada 13 November.

“Dua lagi pesawat tempur multirole Su-30SM mendarat di lapangan terbang pangkalan udara Baranovichi pada 20 November. Oleh karena itu, komitmen pengiriman pesawat tempur pada 2019 berdasarkan kontrak telah terpenuhi,” kata Kementerian Pertahanan Belarusia pada hari Rabu dan dilansir oleh Defenseworld.

Kesepakatan untuk selusin jet tempur Sukhoi nantinya akan menggantikan jet tempur MiG-29 lama, ditandatangani pada tahun 2017. Dua jet lagi diharapkan akan dikirim ke Belarusia pada akhir tahun 2019.

Su-30SM adalah jet tempur super-manuver dua kursi dari generasi 4 ++ varian upgrade dari Su-30. Pesawat tempur ini dilengkapi dengan dua mesin turbofan AL-31FP dua dimensi TVC.

Su-30SM memiliki jangkauan operasi 1.500 km dan daya tahan penerbangan 3,5 jam tanpa pengisian bahan bakar.

Su-30SM dibangun menggunakan sistem avionik murni buatan Rusia. Salah satunya adalah radar array fase pasif N011M BARS. Meski menggunakan radar generasi lawas sebelum lahirnya radar N035 Irbis, namun radar memiliki jangkauan pengintaian maksimum 400 km.

Su-30SM yang multirole adalah kombinasi dari kemampuan supremasi udara dan serangan ke permukaan. Dilengkapi dengan berbagai senjata termasuk rudal udara-ke-udara, udara ke permukaan, bom terpandu dan bom presisi ala Rusia dengan total berat senjata hingga 8000 kg.

2 pemikiran pada “Belarusia Terima Lagi Dua Su-30SM”

Tinggalkan komentar