F-16 Irak Bombardir Posisi ISIS

JakartaGreater.com – Jet tempur F-16 Irak melakukan serangan udara terhadap tempat persembunyian militan ISIS di Irak tengah, menewaskan semua militan di dalamnya, kata militer Irak pada hari Minggu.

Sebuah pernyataan dari Komando Operasi Gabungan mengatakan bahwa serangan udara itu terjadi di provinsi Salahudin, Irak tengah ketika pesawat-pesawat tempur membombardir tempat persembunyian dan menghancurkannya, lansir Xinhua.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang serangan udara itu, tetapi akan memberikan lebih banyak informasi nantinya.

Namun, sebuah sumber dari pasukan paramiliter Hashd Shaabi di provinsi Salahudin mengatakan kepada Xinhua bahwa “pesawat tempur F-16 Irak membombardir tempat persembunyian teroris Daesh (kelompok IS) di dekat daerah Mteibijah di bagian timur provinsi Salahudin.”

Sumber mengkonfirmasi bahwa serangan udara menghancurkan tempat persembunyian dan membunuh semua militan di dalamnya.

Daerah berbatu di Mteibijah, sekitar 100 km tenggara ibukota provinsi Salahudin, Tikrit, telah lama menjadi tempat persembunyian yang keras bagi gerilyawan IS ISIS meskipun telah berulangkali dioperasi oleh pasukan keamanan Irak yang memburunya karena gerilyawan menggunakan daerah itu sebagai pangkalan untuk menyerang warga sipil dan pasukan keamanan di kota-kota di Salahudin dan provinsi tetangga Diyala.

Situasi keamanan di Irak membaik secara dramatis setelah pasukan keamanan Irak sepenuhnya mengalahkan gerilyawan ISIS di seluruh negeri pada akhir 2017.

Sisa-sisa ISIS sejak itu melebur ke daerah perkotaan atau berpindah ke gurun dan daerah tandus lainnya sebagai tempat yang aman, sering melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.

Tinggalkan komentar