Home » Alutsita Canggih » Analis: Belarusia Lebih Baik Beli F-16 Daripada Su-30SM

Analis: Belarusia Lebih Baik Beli F-16 Daripada Su-30SM

JakartaGreater.com – Rusia telah memulai pengiriman pesawat tempur multirole Su-30SM terbaru ke Belarusia, tetapi beberapa analis menilai pesawat tempur buatan Rusia itu lebih mahal biaya produksi, perawatan dan operasionalnya dibandingkan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat, lansir Defenseblog.

Dilaporkan oleh Lenta.ru pada hari Jumat, sejumlah pakar menyatakan keprihatinannya mengenai pembelian pesawat tempur buatan Rusia untuk menggantikan armada MiG-29 era Soviet.

Andrey Porotnikov, pemimpin proyek BelarusSecurityBlog, mengatakan bahwa biaya pengoperasian dan dukungan teknis pesawat tempur Rusia lebih mahal daripada pesawat tempur F-16 buatan AS.

Biasanya, biaya siklus hidup pesawat tempur untuk masa pakai 35 tahun diperkirakan sekitar 2-2,5 kali lipat dari harga pembelian. Jika dihitung total biaya pemeliharaan setiap Su-30SM Belarusia akan menelan biaya US$ 100-125 juta.

“Dan sekarang, singkatnya, harga pesawat (sekitar US$ 50 juta), pemeliharaan kelaikan udara dan modernisasi. Kami mendapatkan biaya US$ 185 hingga 210 juta dolar untuk setiap pesawat dalam 35 tahun ke depan. Satu skuadron (12 pesawat) dari 2,22 miliar menjadi 2,52 miliar dolar. Jumlahnya tidak sedikit, ” kata Andrey Porotnikov.

Kerugian lain dari pesawat tempur buatan Rusia adalah mesin AL-31FP, yang membutuhkan enam mesin selama siklus hidup Su-30SM.

Mesin pesawat Rusia terhitung lebih rendah lifetime, dan lebih mahal biaya operasionalnya dibandingkan pesawat buatan AS.

“Angkatan Udara Polandia mengoperasikan pesawat tempur era Soviet MiG-29 dan F-16 buatan AS secara bersamaan. Diasumsikan bahwa pesawat tempur Amerika terbang selama 35 tahun dengan satu mesin yang sama dari awal diproduksi. Sayangnya, ini tidak berhasil dengan MiG-29, yang menghabiskan delapan mesin pada periode yang sama, ”jelas analis.

Menurut TASS, Su-30SM adalah jet tempur super-manuver generasi 4 ++ seri peningkatan. Su-30SM dilengkapi dengan dua mesin turbofan double-flow AL-31FP. Pesawat tempur memiliki jangkauan operasi hingga 1.500 km dan daya tahan penerbangan 3,5 jam tanpa pengisian bahan bakar.

Su-30SM dapat dipersenjatai dengan rudal anti pesawat, rudal anti kapal, rudal anti tank dan bom presisi buatan Rusia.