Pertukaran Tahanan AS dengan Iran

Tehran, Jakartagreater.com – Profesor ilmuwan Iran Masoud Soleimani telah dibebaskan setelah lebih dari satu tahun dipenjara di AS sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan antara Teheran dan Washington, ujar Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengumumkan, Sabtu, 07-12-2019, dirilis Tasnimnews.com.

“Senang Profesor Massoud Soleimani dan Tuan Xiyue Wang akan bergabung dengan keluarga mereka segera. Banyak terima kasih kepada semua yang terlibat, terutama pemerintah Swiss, “tweet Zarif pada hari Sabtu. Pertukaran tahanan berlangsung di Swiss yang dipandang sebagai tempat netral.

“Amerika Serikat tidak akan beristirahat sampai kita membawa setiap orang Amerika yang ditahan secara salah di Iran dan di seluruh dunia kembali ke rumah kepada orang-orang yang mereka cintai!” ucap tweet Trump.

Pada tanggal 25 Oktober 2018, sebuah pesawat yang membawa Soleimani menuju ke Amerika Serikat pada misi penelitian mendarat di bandara Chicago. Profesor Iran berusia 49 tahun dan peneliti biomedis di Universitas Tarbiat Modares, Teheran, yang bepergian ke AS dengan visa yang dikeluarkan atas undangan oleh pusat penelitian AS, ditahan oleh FBI pada saat kedatangan. Mayo Clinic di Minnesota mengundang Soleimani untuk memimpin program penelitian tentang perawatan pasien stroke.

Xiyue Wang, seorang mahasiswa pascasarjana Cina-Amerika, ditangkap di Iran tiga tahun lalu karena memata-matai negara itu saat melakukan penelitian doktoral. Dia kemudian dijatuhi hukuman 10 tahun.

Pada bulan April, Zarif secara terbuka menyatakan kesiapan Teheran untuk pertukaran tahanan dengan AS.

Dia meminta Washington untuk menukar semua warga Iran yang dipenjara di AS dan permintaan ekstradisi dari AS, sebagian besar karena dugaan pelanggaran pembatasan ekspor AS dan pelanggaran sanksi, dengan yang dipenjara di Iran.

Sharing

Tinggalkan komentar