Drone AS Ditembak Jatuh Dekat Tripoli

Jakartagreater.com  –  Moskow belum mengomentari insiden itu, tetapi militer Amerika mengklaim bahwa UAV mereka ditembak oleh sistem pertahanan udara Rusia , atau oleh Tentara Nasional Libya (LNA) yang dipimpin Haftar, dirilis Sputniknews.com pada Sabtu 7-12-2019.

Komando Afrika AS mengatakan pada hari Sabtu 7-12-2019  bahwa sebuah pesawat tak berawak Amerika telah ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Rusia di dekat ibu kota Libya, Tripoli pada, bulan November 2019, dan menuntut kembalinya puing-puing pesawat tak berawak. Para operator sistem pertahanan udara “tidak tahu itu adalah pesawat terbang yang diujicobakan AS dari jauh ketika mereka menembaknya.

Tetapi mereka tentu tahu siapa pemiliknya sekarang dan mereka menolak untuk mengembalikannya. Mereka mengatakan mereka tidak tahu di mana tetapi saya tidak membelinya “, Jenderal Stephen Townsend, yang memimpin Komando AS di Afrika mengatakan kepada Reuters dalam sebuah pernyataan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Menurut juru bicara Komando Afrika Kolonel Angkatan Udara Christopher Karns, pesawat tak berawak itu dilaporkan hilang pada 21 November 2019. Dia menambahkan, bahwa sistem pertahanan udara mungkin telah menjatuhkan Drone, dan percaya itu adalah pesawat oposisi.

Pada saat yang sama, seorang pejabat dari Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya, yang berperang melawan LNA, mengatakan kepada kantor berita bahwa PMC Rusia tampaknya bertanggung jawab. Baik Kementerian Pertahanan Rusia maupun Kementerian Luar Negeri belum mengomentari tuduhan itu.

Seorang pejuang yang loyal kepada Pemerintah Nasional Libya (GNA) yang diakui secara internasional menembakkan senjata yang dipasang di truk selama bentrokan dengan pasukan yang setia kepada orang kuat Khalifa Haftar di ibukota Ain Tripoli, pinggiran kota Tripoli, pada 7 September 2019.

Libya terperosok dalam perang saudara sejak 2011, ketika pemimpin lamanya, Muammar Gaddafi, digulingkan dan dibunuh oleh gerilyawan di tengah serangan NATO terhadap negara itu.

Selama beberapa tahun terakhir, Libya telah terpecah antara 2 pemerintah saingan, dengan LNA yang mengatur Timur negara itu, dan pemerintahan GNA di Barat termasuk Tripoli. Mereka berusaha untuk menyetujui pemilihan nasional tetapi gagal, dan sejak awal April 2019, LNA telah terlibat dalam ofensif dengan GNA untuk mendapatkan kontrol atas Tripoli.

Sharing

4 pemikiran pada “Drone AS Ditembak Jatuh Dekat Tripoli”

    • Libya tdk lebih baik saat kepemimpinan qhadafi .
      Libya hancur karena siapa kl bkn si amer.
      dan saat ini si amer msh memata2i dgn pswt drone nya.
      drone yg katanya paling canggih di seantero jakartagreater.tp msh ketembak jg oleh pulpen rusia.
      dan lebay nya lg si amer minta puing2 kehancurannya di kembalikan.hadeeeeeew dasar takdae malu nih pak ci amer.

      • Pan kata jendral Townsend, bos pasukan USA di Afrika bahwa drone itu cuma sdg misi uji coba doang, bukan mengintip negara Libya. Itu kata jendral loh, bukan kata ane.
        Kalau menurut logika ane sih, itu drone lagi latihan, uji coba atawa cuma mau ngintip orang mandi pun, kalau sdh masuk ke wilayah negara orang tanpa ijin yg sdh selayaknya diketapel. Tidak perlu mewek lah …

Tinggalkan komentar