TNI AU dan TUDM Patroli Udara di Selat Malaka

Jakartagreater.com  –  TNI Angkatan Udara bersama Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM), melakukan operasi patroli terkoordinasi Malaysia-Indonesia (Malindo), melibatkan Skadron Udara 12 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin yang melaksanakan BKO Kosekhanudnas III, pada Selasa 10-12-2019.

Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Fardinal Umar mengatakan, bahwa operasi patroli ini adalah merupakan operasi bersama yang dilakukan oleh TNI AU dengan Tentara Udara Diraja Malaysia di wilayah udara Selat Malaka dengan melibatkan pesawat Hawk 109/209 dari Skadron Udara 12 Wing 6 Lanud Rsn sedangkan dari pihak TUDM mengoperasikan pesawat Hawk 108/208 dari Skadron 15 Pangkalan Udara Butterworth Malaysia.

TNI AU dan TUDM Patroli Udara di Selat Malaka. (@ TUDM)

“Operasi ini bertujuan untuk melaksanakan patroli di wilayah udara perbatasan kedua negara dan meningkatkan kerja sama di antara kedua negara,” ujar Letkol Pnb Fardinal Umar.

Letkol Pnb Fardinal Umar berharap melalui patroli terkoordinasi, Angkatan Udara Indonesia dan Malaysia dapat meningkatkan kemampuan operasi udara yang profesional sehingga ke depan wilayah udara kedua negara dapat dilindungik, baik dari poetnsi pelanggaran wilayah udara yang dilakukan oleh negara lain maupun dalam menghadapi perang udara.

TNI AU dan TUDM Patroli Udara di Selat Malaka. (@ TNI AU)

“Selain itu latihan ini juga melibatkan unsur radar dari tiap angkatan udara yang merupakan deteksi awal terhadap kemungkinan adanya ancaman udara bagi tiap negara sekaligus memberikan support dalam pelaksanaan operasi bagi pesawat tempur yang melaksanakan patroli udara,” tambah Letkol Pnb Fardinal Umar.

Latihan patroli terkoordinasi Malindo dilaksanakan dari tanggal 9 sampai 10 Desember 2019 dengan rute, Rsn sasaran Suwondo Medan, SWO sasaran SWO dan Swo-Rsn. (tni-au.mil.id)

Sharing

Tinggalkan komentar