Turki Menunggu Respon AS untuk Pembelian Rudal Patriot

Doha, Jakartagreater.com –  Turki kembali meminta kepada Amerika Serikat untuk menjual sistem Rudal Patriot dan sedang menunggu tanggapan, ujar Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, Sabtu 14-12-2019, dirilis Sputniknews.com.

“Turki percaya bahwa AS masih sekutu kami karena kami adalah sekutu mereka.  Tidak ada yang dapat membatalkan kesepakatan dengan Rusia untuk membeli S-400, ini kesepakatan yang dilakukan. Tawaran Rusia lebih menguntungkan. Sekarang kami siap untuk membeli sistem Patriot buatan AS dan sedang menunggu tanggapan, “kata Cavusoglu.

Berbicara di sebuah forum di Doha Qatar, diplomat top Turki itu lagi-lagi memperingatkan AS bahwa Turki akan membalas terhadap sanksi yang mungkin diberlakukan atas kesepakatan sistem Rudal dengan Rusia.

AS mulai melepaskan Turki dari program bersama mereka untuk membangun pesawat tempur F-35 dan mengancamnya tidak akan menjual Jet ke Ankara karena khawatir teknologi itu dapat dikompromikan dengan kedekatan dengan teknisi Rusia yang melayani S-400, yang diklaim Pentagon tidak kompatibel dengan pertahanan NATO.

Sharing

Satu pemikiran pada “Turki Menunggu Respon AS untuk Pembelian Rudal Patriot”

Tinggalkan komentar