Angkatan Laut AS Ingin Beli F-5 Tiger Swiss

Jakartagreater.com – Angkatan Laut Amerika sedang dalam pembicaraan dengan militer Swiss untuk pembelian 22 jet tempur F-5 Tiger yang dinonaktifkan untuk membantu pelatihan pilot AS dalam perang udara, lansir Swissinfo.

Menurut Paperexternal SonntagsZeitung, anggaran sejumlah US$ 40 juta telah disisihkan dalam “Presidential budget” tahun 2020 untuk pengadaan pesawat tempur bekas dari Swiss. Armasuisse membenarkan bahwa pembicaraan berlangsung di musim panas tetapi kontrak belum ditandatangani. Anggaran pertahanan Amerika pertama-tama harus disetujui oleh parlemen sebelum kesepakatan dapat berjalan. Pengiriman diharapkan dapat dilakukan pada tahun 2021.

Swiss telah membeli total 100 jet Tiger dari AS dan masih tersisa 53. Dari jumlah tersebut hanya 26 yang operasional, tetapi hanya karena Swiss memilih menolak pengadaan pesawat tempur baru pada tahun 2014.

Swiss saat ini masih mencari pesawat tempur baru dan memiliki anggaran CHF 6 miliar. Angkatan udara Swiss saat ini sedang mengevaluasi empat penawaran dari perusahaan Airbus dan Dassault serta Boeing dan Lockheed Martin dari Amerika Serikat. Perusahaan Swedia Saab terpaksa menarik diri dari kompetisi.

Pemerintah Swiss berpendapat bahwa armada F-5 Tigers dan F / A-18 yang menua harus diganti paling lambat tahun 2030 untuk melindungi wilayah udara dan keamanannya.

Sharing

5 pemikiran pada “Angkatan Laut AS Ingin Beli F-5 Tiger Swiss”

  1. saya sekeluarga punya niat 5 tahun lagi ganti mobil…ehh tetangga saya yg kebetulan sales mobil mendengarnya… lantas langsung mendekati saya agar mobil saya yg lama dibeli olehnya sekarang juga…..

    lalu setelah dibeli apa penggantinya? masa saya harus nunggu 5 tahun lagi sesuai rencana… yah terpaksa saya kontak tetangga saya yg sales mobil itu untuk tanya2 harga mobil baru yg dijualnya

    jadi bukan masalah teknis kelebihan f5 saya melihat cuma dari sisi peluang dagang…daripada nunggu 2030 si swiss belanjanya lebih baik disegerakan

Tinggalkan komentar