Korvet Rusia Bayangi Destroyer AS di Laut Hitam

destroyer USS Ross DDG 71

M0skow, Jakartagreater.com  – Rusia mengirim korvet Rudal, Vyshny Volochek, untuk membayangi Kapal destroyer AS, USS Ross, setelah memasuki Laut Hitam Barat Daya, kata komando operasi militer Rusia, pada Minggu 15-12-2019.

“Pasukan di Armada Laut Hitam telah ditunjuk untuk mengikuti kapal perusak angkatan laut AS, USS Ross, setelah memasuki wilayah Barat Daya Laut Hitam pada 15 Desember 2019”, Pusat Nasional untuk Kontrol Pertahanan Negara mengatakan dalam sebuah pernyataan, dirilis Sputniknews.com,  Minggu 15-14-2019.

Sebelum peristiwa ini, pada bulan Oktober 2019, Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan bahwa tiga kapal Armada Laut Hitam Rusia mengawal  kapal destroyer USS Porter Angkatan Laut AS setelah memasuki perairan Selatan Laut Hitam.

Menurut pusat kontrol tersebut, operasi pengawalan dilakukan oleh kapal Admiral Essen dan kapal Rudal kecil Vyshny Volochek dan Orekhovo-Zuyevo.

Vyshniy Volochek adalah kapal Project 21631 Buyan-M yang ke enam, yang mampu membawa Rudal jelajah Kalibr. Kapal Rudal Vyshniy Volochek diluncurkan pada 22 Agustus 2016.

Vyshny Volochek

Korvet Vyshny Volochek Rusia. (@ Russia MoD)

Operasi di Laut Hitam

Kapal perusak berpeluru kendali Arleigh Burke class, USS Ross (DDG 71) memulai transit selat internasional menuju utara ke Laut Hitam, pada 15 Desember 2019, untuk melakukan operasi keamanan maritim dan terlibat dengan sekutu dan mitra di wilayah tersebut, dirilis Laman U.S. 6th Fleet.

Ini adalah kali kedelapan kapal Angkatan Laut AS mengunjungi Laut Hitam sejak awal 2019. Kapal terakhir yang mengunjungi Laut Hitam adalah USS Porter (DDG 78) pada bulan Oktober. Selama berada di Laut Hitam, Porter melakukan latihan passing trilateral dengan Ukraina dan Rumania, dan keterlibatan strategis selama kunjungan pelabuhan ke Odesa, Ukraina, dan Batumi, Georgia.

“Sepanjang tahun, aset Armada ke-6 AS telah beroperasi di Laut Hitam untuk mendukung mitra dan sekutu regional kami,” kata Wakil Laksamana Lisa M. Franchetti, komandan, Angkatan Laut AS ke-6. “Transit Ross menunjukkan komitmen berkelanjutan kami untuk keamanan dan stabilitas dalam domain maritim.”

Ross, yang dikerahkan ke depan di Naval Station Rota, Spanyol, sedang melakukan operasi angkatan laut di wilayah Armada ke-6 operasi AS untuk mendukung kepentingan keamanan nasional AS di Eropa. Angkatan Laut AS secara rutin beroperasi di Laut Hitam sesuai dengan hukum internasional, termasuk Konvensi Montreux.

Armada ke-6 AS, yang berkantor pusat di Naples, Italia, melakukan spektrum penuh operasi gabungan dan angkatan laut, sering kali bersama-sama dengan mitra sekutu, dan antarlembaga, untuk memajukan kepentingan nasional AS dan keamanan serta stabilitas di Eropa dan Afrika

Leave a Reply