Jepang Segera Kirim Destroyer ke Timur Tengah

Jakartagreater.com – Kabinet Pemerintahan Jepang pada hari Jumat, 27-12-2019, secara resmi mengadopsi rencana untuk mengerahkan unit Pasukan Bela Diri untuk misi pengumpulan intelijen di laut Yaman dan Oman di tengah ketegangan atas kontroversi program nuklir Iran.

Menurut rencana, Jepang akan mengirim kapal Destroyer yang dapat membawa 1 atau 2 Helikopter patroli pada awal Februari, dengan harapan bahwa kapal itu dapat mulai beroperasi pada akhir bulan yang sama di Teluk Oman, bagian Utara Laut Arab. dan sisi Timur Selat Bab el-Mande, dirilis Japantimes.co.jp.

Kementerian Pertahanan Jepang sedang bersiap untuk mengirim Takanami, kapal perusak 4.650 ton yang dapat membawa 1 Helikopter patroli anti-kapal selam.

Tokyo juga berencana untuk memobilisasi 2 pesawat patroli anti-kapal selam P-3C yang saat ini terlibat dalam misi patroli anti-pembajakan di Somalia untuk kegiatan intelijen yang direncanakan.

Sekitar 200 anggota awak akan berada di kapal perusak dan sekitar 60 staf akan dimobilisasi untuk unit pesawat P-3C. Pemerintah berencana untuk membelanjakan 4,68 miliar yen untuk pengiriman pada tahun fiskal 2020, kata pejabat pemerintah. Program pengiriman akan berlanjut selama satu tahun dan dapat diperpanjang.

Keputusan itu diambil sebelum rencana kunjungan Perdana Menteri Shinzo Abe ke Arab Saudi awal bulan depan. Perjalanan Abe juga akan bersamaan dengan langkah kelima yang diharapkan awal bulan depan oleh Iran untuk lebih mengurangi kewajibannya berdasarkan kesepakatan 2015 yang dirancang untuk membekukan program nuklirnya.

Teheran telah mengancam akan mengambil langkah baru untuk mengurangi kewajibannya setiap 60 hari, menekan negara-negara Barat termasuk Perancis, Inggris dan Jepang untuk meringankan atau menentang sanksi ekonomi yang diberlakukan AS terhadap Iran.

Ketegangan militer di kawasan itu meningkat tajam pada Juni 2019, ketika 2 kapal tanker minyak, termasuk satu yang membawa minyak menuju Jepang, diserang oleh sebuah kelompok yang tidak dikenal, ketika Abe berada di Teheran untuk kunjungan yang jarang ke Republik Iran oleh seorang perdana menteri Jepang.

“Perdamaian dan stabilitas Timur Tengah sangat penting bagi masyarakat internasional termasuk negara kita,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga pada konferensi pers pada hari Jumat 27-12-2019, menunjukkan bahwa wilayah itu sangat penting bagi impor minyak mentah negara itu.

Sharing

2 pemikiran pada “Jepang Segera Kirim Destroyer ke Timur Tengah”

  1. Kapal perang spt destroyer, fregat atau apapun walau telah disematkan meriam kaliber besar dan peluncur rudal diatasnya tetaplah tampilannya seperti biasa2 saja, tapi jika terpasang CIWS diatasnya apalagi dihaluan dan buritan maka tampilannya berubah drastis kesan sangar, menakutkan dan mematikan jika diamati

Tinggalkan komentar