Tiongkok Kemungkinan Kembangkan Lagi Pesawat Tempur Siluman Baru

Jakartagreater.com – China kemungkinan sedang mengembangkan pesawat tempur tipe baru, rilis lembaga desain pesawat top Tiongkok beberapa hari lalu. Pengamat militer memperkirakan, berdasarkan kemungkinan itu adalah pesawat tempur siluman dan dibangun dengan menggunakan material komposit canggih, lansir Globaltimes.

Pada tahun 2018, departemen struktur Aviation Industry Corporation of China (AVIC) Shenyang Aircraft Design and Research Institute dan departemen proyek senjata dari AVIC Manufacturing Technology Institute bersama-sama membentuk tim yang diberi kode “JJ” yang akan mengembangkan tipe baru pesawat tempur, tulis sebuah artikel yang dirilis di akun WeChat minggu ini.

Proyek pengembangan bersama ini pertama kali direncanakan pada Juni 2018 dan dimulai dengan upacara pembukaan pada September 2018. Tim JJ menyerahkan ilustrasi uji coba pada November 2019, tulis artikel itu.

Artikel itu tidak menguraikan nama atau spesifikasi pesawat tempur baru, tetapi dari foto yang diperlihatkan tim JJ mungkin termasuk kelompok yang lebih kecil yang berfokus pada pengembangan saluran udara berbentuk S.

Saluran udara berbentuk S biasanya ditemukan pada pesawat siluman yang didesain dengan tujuan meminimalkan jejak mesin dari radar musuh, tulis pakar militer yang meminta dirahasiakan identitasnya kepada Global Times pada hari Jumat.

Tiga kelompok di bawah tim JJ menerima penghargaan selama upacara pada hari Selasa. Dua kelompok mengembangkan bahan komposit untuk seluruh struktur dan inlet logam terintegrasi, sementara yang lain mengembangkan jenis bahan canggih.

“Tim telah menyelesaikan pengembangan lintas-fase jet tempur baru. (Kami) telah menggunakan inovasi dan menyadari terobosan teknis untuk desain dan manufaktur badan pesawat,” kata Xiao Shan, salah satu peneliti yang mendapat penghargaan, tulis artikel tersebut.

Cabang Shenyang dari AVIC dikenal karena mengembangkan sejumlah jet tempur Tiongkok termasuk J-11, J-16 dan khususnya jet tempur berbasis kapal induk J-15. Cabang Shenyang juga merancang pesawat siluman kedua Tiongkok setelah J-20 yaitu FC-31 yang tidak memasuki dinas militer Tiongkok dan menjadi produk ekspor.

Beberapa pengamat militer berspekulasi bahwa jet tempur baru bisa menjadi versi upgrade FC-31, sementara yang lain memperkirakan itu adalah pesawat tempur yang sama sekali berbeda.

Banyak penggemar militer juga mengharapkan Institut Shenyang untuk mengembangkan jet tempur generasi baru berbasis kapal induk China.

Sharing

Satu pemikiran pada “Tiongkok Kemungkinan Kembangkan Lagi Pesawat Tempur Siluman Baru”

Tinggalkan komentar