Video Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han

Jakartagreater.com  – Dalam rangka memenuhi kebutuhan alat utama sistem senjata (Alutsista) yang saat ini Indonesia masih bertumpu pada pasokan produk luar negeri, Balitbang Kemhan RI bekerja sama dengan PT DAHANA (Persero) telah melaksanakan kegiatan pengembangan Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B tahap II-II, dirilis laman Youtube PT Dahana.

Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B adalah Kendaraan peluncur roket laras banyak (multiple rocket launcher system – MRLS) buatan dalam negeri karya anak bangsa.

Pengembangan Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B ini adalah untuk menghasilkan kendaraan peluncur yang dapat berfungsi dengan baik dan stabil sesuai spesifikasi yang diharapkan tanpa adanya kesalahan dan kerusakan baik saat endurance maupun penembakan.

Diharapkan sistem otomatisasi dan manual dapat dioperasikan oleh operator sesuai prosedur dan operasi penembakan yang dikehendaki. Prototipe peluncur roket ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kendaraan peluncur roket R-Han 122B sebagai dukungan dalam program pengembangan Roket Nasional.

Pelaksanaan uji dinamis Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B dilaksanakan di Balai Uji Peluncuran Roket LAPAN, Garut, Jawa Barat, 14 November 2019.

Metode yang digunakan adalah metode pengamatan pada mata uji, kelancaran kerja dan perfomance kendaraan dengan teknik pelaksanaan menggunakan uji sistem dan uji terbang roket sebanyak 4 unit roket dengan pencatatan untuk validasi kemampuan dan kehandalan terhadap spesifikasi desain sistem.

Sharing

5 pemikiran pada “Video Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han”

    • memang dimaksudkan begiru bung, … kebanyakan peluncur MLRS sangat rentan dengan sniper atau bahkan senapan serbu biasa.

      Rhan122 ini upgrade untuk armor, secara ekonomis dan mempermudah design dan produksi adalah di comot dari existing produksi milik Anoa 6×6.

      Rhan122 ini bermaksud bisa STANAG 3 level 3 untuk operator cabin nya.

Tinggalkan komentar