Skuadron 600 Wing Udara 2, Latihan Terbang Malam

Surabaya, Jakartagreater.com  – Latihan terbang malam yang dilaksanakan skuadron 600 wing udara 2 merupakan salah satu fase program latihan yang harus dilaksanakan oleh seorang penerbang dalam kegiatan Konversi, Captaincy maupun Instruktursi Training kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bentuk dukungan Skuadron Operasional kepada Skuadron 200/ Latih dalam meningkatkan profesi penerbang.

Dalam kegiatan Terbang malam seorang penerbang akan diuji kemampuan terbang tanpa adanya visibility (jarak pandang) atau dalam istilah penerbangan disebut Instrument Flight Rules (IFR). Kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap pilot/penerbang militer, dimana seorang pilot harus menggunakan semua instrument yang di pesawat untuk melaksanakan Take Off, bernavigasi dan juga landing.

Skuadron 600 Wing Udara 2, Latihan Terbang Malam. (@ Puspenerbal)

Pada kesempatan kali ini, 23-12-2019, Pesawat Casa NC212 U-6205 yang dimiliki oleh Skuadron 600 Wing Udara 2, mengambil bagian dalam pelaksanaan program Captaincy Training guna mencetak Captain Pilot baru, dirilis situs Puspenerbal.

Terlihat pada latihan kali ini siswa Captaincy sedang melaksanakan fase latihan Terbang Malam, di mana siswa diharapkan mampu memahami prosedur terbang malam dan mengaplikasikan dalam praktik terbang malam yang dilaksanakan.

Dalam pelaksanaan latihan kali ini sebagai siswa Captaincy yaitu Mayor Laut (P) Eko Andrianto didampingi oleh Instruktur Penerbang Mayor Laut (P) Febriyanto A.N. Siswa harus memperhatikan prosedur sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku serta faktor keamanan lainnya.

Skuadron 600 Wing Udara 2, Latihan Terbang Malam. (@ Puspenerbal)

Latihan dilaksanakan di Surabaya area, Jawa Timur. Kegiatan diawali dengan briefing yang mencakup pengulasan Standart Operasional Prosedur terbang malam, serta prakiraan cuaca dan hal-hal pendukung yang terkait dengan kesiapan terbang malam antara lain pemadam kebakaran, tim kesehatan, dan perwakilan pihak Airnav Bandara Juanda.

Sharing

Tinggalkan komentar