Armenia Pamerkan Su-30SM Terbarunya

Gyumri, Jakartagreater.com – Armenia mendemonstrasikan pesawat tempur Sukhoi Su-30SM yang baru dibelinya dari Rusia.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, Menteri Pertahanan Davit Tonoyan dan pejabat Armenia lainnya menyaksikan di pangkalan udara di Gyumri, dimana Su-30SM Armenia melakukan demonstrasi penerbangan yang dilakukan oleh pilot Rusia, lansir Massispost.

Menurut Perdana Menteri Armenia, bergabungnya jet tempur multirole Su-30SM yang canggih pada hari itu, dianggap sebagai akuisisi utama Armenia. “Akuisisi ini menandai titik balik bagi keamanan Armenia dan rakyat kami,” tambahnya.

Kontrak Rusia-Armenia untuk pengiriman jet tempur Su-30SM telah ditandatangani awal tahun ini. Jumlah total dari kesepakatan akuisisi itu masih belum diketahui.

Sebelumnya pada bulan Februari, Menteri Pertahanan Tonoyan mengatakan bahwa Armenia berencana untuk membeli delapan pesawat tempur lagi di tahun-tahun mendatang.

Angkatan Udara Armenia tidak memiliki jet tempur sampai sekarang. Armenia hanya diperkuat 15 atau lebih pesawat serang darat Su-25.

Su-30SM dapat melakukan berbagai tugas militer yang jauh lebih luas dengan senjata jarak jauh dan dipandu dengan presisi. Su-30SM adalah versi modern dari jet tempur berat yang dikembangkan oleh perusahaan Sukhoi pada akhir 1980-an. Militer Rusia pertama kali menugaskan jet tempur tersebut pada 2012.

Keempat pesawat tempur tiba di Gyumri hanya beberapa hari setelah militer Armenia juga mulai diperkuat sistem pertahanan udara baru dan canggih Tor-M2MK yang dirancang untuk menembak jatuh pesawat, rudal jelajah, roket ataupun drone lainnya.

Kementerian Pertahanan di Yerevan mengatakan pada hari Senin bahwa Su-30SM dan Tor M2MK akan “secara signifikan” memperkuat pertahanan udara Armenia.

Rusia selalu menjadi pemasok utama perangkat militer ke tentara Armenia. Keanggotaannya dalam Collective Security Treaty Organization (CSTO) yang dipimpin Rusia memungkinkan Armenia untuk memperoleh senjata Rusia dengan harga ‘sangat murah’ dan bahkan gratis.

Sharing

2 pemikiran pada “Armenia Pamerkan Su-30SM Terbarunya”

Tinggalkan komentar