Vietnam Pamerkan Rudal Balistik Scud-B

Jakartagreater.com – Pada peringatan 30 tahun National Defense Day dan peringatan ke-75 Vietnam People’s Army yang berlangsung pada 21 Desember di Hanoi, untuk pertama kali sistem rudal balistik Scud milik Vietnam diperlihatkan ke publik.

Meskipun telah lama digunakan, ini adalah pertama kalinya sistem rudal balistik taktis Scud Vietnam di pamerkan ke publik, lansir Soha.

Menurut Stockhom International and Peace Research Institute (SIPRI), pada tahun 1981 Vietnam menerima beberapa peluncur mobile dan puluhan rudal Scud-B.

R-17E adalah rudal balistik dari 9K72E Elbrus varian ekspor dan kompleks rudal balistik taktis. Namun, biasanya Barat masih menyebut nama yang sama untuk seluruh sistem sebagai rudal balistik Scud.

Roket R-17E memiliki panjang 11,25 m, diameter 0,88 m dan berat 5,9 ton.

Roket ini dilengkapi dengan mesin bahan bakar cair Isayev RD-21 (komponen bahan bakar termasuk combustion TM-185, oksidan AK-27I dan bahan bakar peluncuran TG-02).

Sistem navigasi menggunakan 3 giroskop untuk memungkinkan akurasi relatif, dengan radius kesalahan akurasi dari target 450m.

R-17E dirancang untuk membawa hulu ledak explosive yang biasanya berbobot 1 ton atau hulu ledak nuklir 5-70 kiloton, atau hulu ledak kimia.

Dengan hulu ledak explosive, kecepatan benturan 1,4 km / detik akan menciptakan lubang sedalam 1,5-4m dan lebar 12m.

Roket R-17E dipasang pada peluncur mobile 9P117 Uragan berdasarkan sasis kendaraan angkut berat MAZ-543.

Saat diluncurkan, roket akan meletus secara vertikal dan ditembakkan (sebelumnya diisi bahan bakar dan diukur parameter target).

Pada saat ini, Vietnam adalah militer pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang memiliki rudal balistik taktis Scud dalam pelayanan.

Juga menurut SIPRI, pada tahun 1998 Vietnam membeli puluhan rudal balistik jarak pendek dari Korea Utara Hwasong-6 (Mars 6), ini adalah salinan dari prototipe rudal Scud-C.

Dibandingkan dengan Scud-B, Hwasong-6 meningkatkan bobot peluncuran menjadi 6.400 kg dan jangkauannya melonjak hingga 600 km.

Baru-baru ini, untuk memastikan kemampuan teknis rudal Scud agar siap untuk berperang, unit teknisi Brigade Rudal Vietnam melakukan inisiatif untuk meningkatkan komponen agar rudal berfungsi dengan baik.

Rudal B dan C Scud ini dianggap sebagai salah satu senjata ampuh pasukan artileri Vietnam saat ini.

Sharing

11 pemikiran pada “Vietnam Pamerkan Rudal Balistik Scud-B”

    • Indonesia….?seperti biasa aman2 saja bang, tenang sajalah….kita adalah bangsa yang paling pandai menyimpan perasaan dalam hati, cukup tidak usah diberitakan saja kita sudah aman setosa, bayangkan saja coba beberapa bulan lewat hampir tiap minggu kita dapat khabar perairan Natuna Utara dimasuki kapal pencuri ikan dan segala upaya aparat kita tampil dengan gagah berani, sekarang…walau puluhan kapal pencuri ikan dari luar berpesta pora mengeruk laut kita untuk menghidupkan pasar ekspor ikan mereka dan bahkan besar kemungkinan besok juga dijual ke kita…mana ada beritanya penindakan pengejaran dan penangkapan, kesimpulannya kita aman sentosa, kalaupun besok kemasukan pasukan asing seperti biasa kita nyatakan itu adalah nasib, lalu saling menyalahkan setelah bosan ribut larut dengan sendirinya dan jika ada pulau yang dicaplok negara lain…cukup simpan dalam hati kita bilang “mungkin sudah suratan takdir Tuhan harus seperti itu”

Tinggalkan komentar