Manuver Lapangan Unsur KRI Satlinlamil

Situbondo, Jakartagreater.com  – Unsur – unsur KRI Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang berada dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer Surabaya melaksanakan manuver lapangan (manlap) Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) III yang berlangsung pada Sabtu 28-12-2019 di Perairan Tanjung Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, dirilis situs TNI AL, Minggu 29-12-2019.

Latihan yang disaksikan langsung Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing dan Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto berjalan dengan lancar dan aman sesuai skenario latihan.

Latihan yang mengambil lokasi mulai dari Perairan Tanjung Jangkar hingga Pantai Tanjung Jangkar ini, mendatangkan Tim Penguji dari Komando Latihan (Kolat) Armada II Surabaya.

Materi latihan yang diujikan antara lain Base Defence, Air Defence Exercise, Underwater Counter Sabotage Exercise, Communication Check, Leaving Harbour, Mine Field Transit, Flaghoist, Semaphore, Tacman, Flashex, Pubex, Anchorage In Formation, NSIC, Beaching and Retrack, Entering Harbour.

Selain itu uji material dan kesiapan perangkat lunak juga menjadi bagian dari pengujian untuk mengetahui sejauh mana para prajurit mengawaki dihadapkan pada tugas-tugas operasi sesuai fungsi asasi.  Memantai dan pendaratan ke pantai merupakan tolok ukur kemampuan dasar bagi para Komandan, Perwira dan prajurit unsur -unsur KRI yang melaksanakan latihan puncak yang mutlak harus dikuasai.

Hal tersebut sesuai fungsi asasi bahwa KRI di Kolinlamil beserta jajarannya sebagai unsur Kogasgabratmin yang memiliki kemampuan pendaratan. Seperti yang dilaksanakan KRI Banjarmasin 592 dengan peran sekoci menurunkan LCVP dari lambung kanan untuk bergerak menuju dermaga Roro Tanjung Jangkar guna mengirinkan tim aju penerima tali KRI Teluk Lampung 540 dan KRI Teluk Parigi 539.

KRI Teluk Lampung 540 melaksanakan manuver menuju pantai pendaratan dalam rangka memantai (beaching). Sedangkan KRI Teluk Parigi 539 sandar di dermaga Roro Tanjung Jangkar untuk melaksanakan embarkasi personel Marinir dan material truk serta ambulans.

Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Ahmadi Heru Purwono, S.E., M.M. mengarahkan unsur-unsur KRI yang terlibat dalam latihan diakhir tahun 2019 ini untuk melaksanakan uji trampil dengan semangat.

“Tunjukkan pada uji glagaspur, kemampuan dan ketrampilan hasil pembinaan selama ini. Bangkitkan semangat prajurit sehingga seluruh serial atau materi yang akan diuji dapat dikerjakan dengan baik. Dan yang paling utama adalah tingkatkan selalu kewaspadaan sehingga keselamatan adalah yang utama” tegas Panglima mengingatkan.

Senada dengan perintah Pangkolinlamil, Komandan Satlinlamil Surabaya, mengatakan unsur-unsur KRI kapalnya sudah dinyatakan lulus Glagaspur tingkat I dan tingkat II yang meliputi teori, dril-dril pos tempur secara parsial maupun gabungan, dan latihan peran-peran secara menyeluruh termasuk uji tulis dan uji terampil peran-peran di Pangkalan, disamping ada sertifikat kelaikan kapal dari Dinas Material Angkatan Laut.

“Unsur – Unsur KRI dari Satlinlamil Surabaya berhasil melaksanakan Glagaspur Tingkat III di laut”, ujar Komandan Satlinlamil Surabaya saat menyaksikan pemantaian (Beaching) KRI Teluk Lampung 540.

Usai pengujian unsur-unsur KRI kembali ke Pangkalan Utama, dan Tim uji Kolat Armada II menyampaikan bahwa latihan berjalan lancar, semangat prajurit sangat tinggi, bidang material sudah sesuai kriteria dari Dismatal.

 

Sharing

Tinggalkan komentar