Perlombaan Dunia Bawah Air

Jakartagreater.com – Perkembangan dunia kapal selam berubah cepat, dan tahun 2019 terasa seperti awal peningkatan tajam dari tingkat pembangunan kekuatan bawah laut. Mungkin karena jeda setelah berakhirnya Perang Dingin, atau karena awal revolusi industri berikutnya, banyak hal semakin memanas.

Kapal selam baru yang paling menonjol kekuatannya di 2019 adalah Belgorod. Kapal selam super terbaru Rusia diluncurkan pada 24 April di Severodvinsk. Belgorod berada di urutan kedua setelah Typhoon class yang terkenal dalam hal ukuran, lansir Forbes.

Tetapi peningkatannya tidak dalam ukuran tubuhnya saja. Belgorod diperkirakan akan menjadi kapal selam pertama yang membawa senjata super Rusia yang penuh teka-teki, Poseidon Intercontinental Nuclear-Powered Nuclear-Armed Autonomous Torpedo. Istilah yang mudah dipahami mungkin adalah ‘mega torpedo’. Ukurannya sekitar 20-30 kali ukuran torpedo biasa, atau dua kali ukuran rudal balistik. Poseidon membawa hulu ledak nuklir 2 megaton dan dapat menargetkan kota-kota pesisir seperti New York atau San Francisco. Dan dengan daya jangkauannya yang tak terbatas dan kemampuan menyelam yang dalam, Belgorod akan menantang untuk dilawan.

Belgorod punya kekuatan lain yang tersembunyi di dalamnya. Selain membawa 6 Poseidon, Belgorod dapat bertindak sebagai induk kapal selam untuk kapal selam midget rahasia Rusia.Kapal selam mini dapat bekerja pada kabel komunikasi, seperti kabel internet yang jauh di bawah permukaan laut. Ini membuatnya menjadi kapal selam mata-mata.

Bukan hanya Rusia, Angkatan Laut AS juga memberikan kontrak pertama di dunia untuk kendaraan bawah laut tak berawak ekstra besar (XLUUV) pada bulan Februari. Boeing akan membangun Orca XLUUV yang pada dasarnya adalah kapal selam berukuran penuh tetapi diperingkas karena tidak memiliki awak. Orca kemungkinan besar akan turun dalam sejarah sebagai salah satu rancangan terpenting sepanjang masa, kecuali jika negara lain mengalahkan Amerika.

Di Jepang, kapal selam lithium-ion kedua yang melengkapi Soryu Class diluncurkan pada November. Hal ini meningkatkan jangkauan bawah air Soryu. Kapal selam lambat mengadopsi teknologi baterai baru karena masalah keamanan. Jadi, jika proyek Jepang berhasil, itu dapat mengarah pada revolusi lain dalam teknologi kapal selam non-nuklir.

Di tempat lain, Prancis meluncurkan kapal selam bertenaga nuklir pertama Suffren class pada Juli. Kapal selam yang ramping dan mengesankan, ini kira-kira setara dengan Marine Nationale, dengan Angkatan Laut AS di Virginia Class atau kapal selam Astute class dari Royal Navy.

Dan di ujung dunia lain, Myanmar telah menerima kapal selam pertamanya. Kapal selam Kilo Class bekas dari Angkatan Laut India dan akan digunakan untuk mengembangkan kemampuan kapal selam Myanmar. Ini adalah bagian dari tren yang lebih luas yang melihat banyak angkatan laut kecil yang membangun kemampuan kapal selam. Mungkin ini adalah tren yang lebih besar dan lebih mengubah dunia, bersembunyi di bawah permukaan dan menyerang proyek-proyek besar angkatan laut?

Sharing

3 pemikiran pada “Perlombaan Dunia Bawah Air”

  1. Ya semakin menunjukan, bahwa Indonesia sangat mendesak untuk memiliki armada tempur permukaan anti kapal selam dan kapal selam.

    Indonesia Wilayah laut sebesar 1.922.876 km2, membutuhkan min 12-16 kapal selam harus secara berkala melakukan patroli, minimal berkemampuan propulsi udara independent, kalo bisa Nuklir.

    India saja yang wilayah pesisirnya tidak sepanjang Indonesia menargetkan 24 kapal selam terdiri dari 18 SSN dan 6 SSBN menyebut bahwa terjadi peningkatan aktivitas AL China di Samudera India, bukan tidak mungkin di Indonesia AL China melakukan hal yang sama.

    Belum lagi armada terbang Patroli Maritim Kita, sudah waktunya untuk minimal punya P-8I Poseidon, untuk CN-235 MPA Di subtitusi ke daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

    • rakyat,indonesia,setuju sekali bos tapi kapan kita punya alutsista canggih dan modern kita perlu sdm semdiri buat alitsista canggih sendiri klo terpaksa beli wajib wajib dgn TOT nya, kayaknya ekonomi kita perlu di mapan kan lagi. SDA kita jgm,di kasih ke aseng dan asing

Tinggalkan komentar