Konflik AS-Iran, USAF Kirim 6 Bomber B-52 ke Diego Garcia

Jakartagreater.com – Angkatan Udara AS (USAF) mengerahkan 6 pembom B-52 ke Diego Garcia, pangkalan pulau di Samudra Hindia, di tengah meningkatnya ancaman dari Iran setelah serangan udara yang dipimpin AS membunuh Jenderal Iran Qassem Soleimani, Fox News mengkonfirmasinya hari Senin, 06-01-2020.

Langkah itu, yang pertama kali dilaporkan CNN, adalah upaya terbaru oleh para pejabat militer AS untuk meningkatkan sumber daya di dekat Timur Tengah setelah milisi Syiah Irak Kataib Hezbollah mengisyaratkan kemungkinan serangan balasan untuk membalas kematian Soleimani.

Para pembom B-52 dilaporkan terlihat berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana ke Diego Garcia, yang terletak 2.300 mil di selatan ujung paling Selatan Iran.

Setiap pesawat memiliki 8 mesin dan dirancang untuk membawa cache senjata besar termasuk Rudal jelajah, bom konvensional dan berpemandu laser, dan bom gravitasi nuklir.

Bomber B-52 yang pertama kali mulai beroperasi pada tahun 1952, telah ditingkatkan selama bertahun-tahun untuk membawa Rudal jelajah yang diluncurkan udara. Setiap B-52 dapat membawa 20 Rudal jelajah.

Setelah dilepaskan dari pembom, Rudal jelajah menggunakan panduan internal dan mesin turbofan mereka sendiri untuk terbang dan menyerang target independen dengan hulu ledak seberat 3.000 pound (1.360 kilogram). Militer AS sebelumnya telah mengirim satuan tugas pembom ke Qatar pada Mei , tetapi para pembom itu pergi setelah beberapa bulan, kata seorang pejabat pertahanan AS.

Pada hari Senin 6-1-2020, Sekretaris Pertahanan Mark Esper dan Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, berusaha untuk memadamkan kebingungan tentang surat yang beredar dari militer AS yang memberi tahu Irak bahwa mereka akan menarik pasukan dari wilayah itu sehari setelah anggota parlemen Irak menyetujui sebuah resolusi yang menyerukan untuk pasukan AS keluar dari negara itu.

Baik Esper dan Milley menyebut surat yang tidak ditandatangani itu kesalahan dan mengatakan AS tidak berniat menarik pasukan dari Timur Tengah saat ketegangan meningkat.

Sebaliknya, Milley mengatakan kepada wartawan bahwa militer AS membawa bala bantuan dari Kuwait dan meningkatkan perlindungan pasukan Helikopter di Irak, khususnya di Zona Hijau yang dijaga ketat, yang telah dibombardir dengan serangan roket selama 3 hari terakhir.

0 Shares

7 pemikiran pada “Konflik AS-Iran, USAF Kirim 6 Bomber B-52 ke Diego Garcia”

  1. Siap2 iran bakal dihujani tomahawk spt di Suriah.
    Siap2 jg serangan Iran yg dibantu Hisbullah di Suriah menghajar Israel. Dan siap2 pula pemberontak Suriah angkat kaki dari wilayah Suriah, krn sang pelindung lg terpecah konsentrasinya. Itu artinya tentara Pemerintah Suriah yg dibantu Rusia dng mudah membombardir posisi pemberontak Suriah.
    Dan siap2 jg suku kurdi diperbatasan Turkey di gankbang lg oleh militer Turkey……xicixicixicixicixi

      • Ternyata mudah banget tuh. Si jambul Trumph langsung angkat tangan menyerah.
        Langkah bijak demi keamanan sekutunya di timteng.
        Mengerahkan Arnada kelima hanya akan menambah kesengsaraan sekutu AS di timteng…….xicixicixi
        Apanya yg dihandle, di suriah aja sdh pontang panting babak belur. Di irak malah sdh lama pemerintah irak.mau ngusir keberadaan tentara AS disana. Tinggal nunggu waktu angkat koper dng tertunduk lesu pulang kampung…..xicixicixi

Tinggalkan komentar