Mesir Dirikan Pangkalan Militer Terbesar di Laut Merah

Kairo, Jakartagreater.com – Presiden Mesir Abdel Fattah Sisi, Rabu, 15-1-2020 meresmikan pangkalan militer terbesar yang pernah dibangun di pantai Laut Merah di tengah ketegangan di Timur Tengah, dirilis Sputniknews.com pada Kamis, 16-1-2020.

Pangkalan itu akan berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap “ancaman keamanan di Laut Merah dan memastikan navigasi maritim melintasi Laut Merah ke Terusan Suez dan kawasan ekonomi terkait,” kata juru bicara Sisi.

Fasilitas udara dan Angkatan Laut, yang disebut Berenice, terletak di Tenggara negara itu, beberapa ratus kilometer dari perbatasan Sudan.

Upacara ini dihadiri oleh putra mahkota Abu Dabi dan menteri pertahanan dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab – sekutu kuat Mesir dan rival regional Iran.

Ketegangan di Timur Tengah meningkat tahun lalu ketika Amerika Serikat menuduh Iran menyerang tanker di Selat Hormuz dan Teluk Persia. Keduanya terhuyung-huyung berbahaya di tepi konflik terbuka bulan ini setelah serangan AS menewaskan seorang komandan Iran selama kunjungannya ke Irak.

Sharing

4 pemikiran pada “Mesir Dirikan Pangkalan Militer Terbesar di Laut Merah”

Tinggalkan komentar