Kroasia Masih Cari Pesawat Tempur

Zagreb, Jakartagreater.com – Pemerintah Kroasia pada hari Rabu mengatakan telah mengirim permintaan proposal untuk pengiriman jet tempur ke tujuh negara, lansir Seenews.

Komisi pengadaan pesawat tempur telah mengirim permintaan proposal untuk pengiriman pesawat tempur baru ke Amerika Serikat (F-16) dan Swedia (JAS Gripen), kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Sedangkan permintaan untuk pengadaan pesawat tempur bekas dikirim ke Prancis (Rafale), Italia (Eurofighter) dan Norwegia, Yunani, dan Israel (F-16).

Kroasia mengharapkan untuk menerima balasan awal pada bulan Mei dan berharap untuk menyelesaikan proses seleksi pada awal Agustus.

Pada bulan September, kementerian pertahanan mengatakan bahwa anggota NATO Kroasia telah menerima 13 proposal untuk pengiriman jet tempur setelah mengirim surat ke 26 pihak yang berpotensi tertarik. Secara khusus, kementerian telah menerima lima surat minat untuk pengiriman pesawat baru dan delapan surat minat untuk pesawat tempur bekas.

Pada awal September, Robert Kopal, penasihat khusus perdana menteri Kroasia Andrej Plenkovic, mengatakan bahwa pemerintah berencana untuk membeli 12 jet tempur generasi keempat pada akhir tahun 2020.

Pada Januari 2019, Kroasia membatalkan pembelian 12 jet F-16 Barak buatan AS dari Israel, setelah kesepakatan US$ 500 juta (449 juta euro) diblokir oleh Amerika Serikat.

Sebelumnya pada bulan Maret 2018, Kroasia mencapai kesepakatan dengan Israel untuk akuisisi jet tempur F-16 yang ditingkatkan yang digunakan oleh angkatan udara Israel, untuk menggantikan armada jet tempur MiG-21 buatan Rusia. Kesepakatan dengan Israel membutuhkan persetujuan Washington untuk penjualan produk buatan AS kepada pihak ketiga. Pada Desember 2018, Channel 10 melaporkan bahwa pemerintahan Trump telah memblokir perjanjian itu karena Israel telah menambahkan sistem elektronik canggih ke F-16 untuk mempermanis penawarannya dalam tender Kroasia.

Sharing

3 pemikiran pada “Kroasia Masih Cari Pesawat Tempur”

  1. disarankan Kroasia beli F-16 bekas kena banjir punya Israel aja. Biasanya yg bekas banjir itu dijual murah banget, bisa dapat banyak…..xicixicixicixicixi

    Mobil bekas banjir jualanku aja laris dibeli mbah gatol, yg kemampuan dia cuma sebatas bisa beli mobil bekas itupun dng syarat bekas banjir. Alasannya biar dpt murah banget sesuai budget….xicixicixicixicixi

Tinggalkan komentar