India Akan Resmikan Skuadron Su-30MKI Dilengkapi Rudal Brahmos

Jakartagreater.com – Menteri Pertahanan India akan meresmikan skuadron Angkatan Udara India (IAF) Su-30MKI pertama yang dilengkapi dengan rudal jelajah supersonik BrahMos di pangkalan Angkatan Udara di Thanjavur, negara bagian Tamil Nadu, pada 20 Januari, lansir Defenseworld.

“Upacara peresmian jet tempur yang dipersenjatai dengan BrahMos akan berlangsung pada 20 Januari dan pesawat tempur akan memiliki platform paling kuat yang mampu menjangkau jauh dan kemampuan multi-peran,” kata Marsekal Udara Amit Tiwari pada hari Rabu.

“Ini akan menjadi skuadron pesawat tempur garis depan kedua IAF yang berbasis di India Selatan,” tambahnya.

IAF sebelumnya mengumumkan kebangkitan Skuadron ke-222 “The Tigersharks” pada 1 Januari yang dilengkapi dengan Sukhoi, lapor media lokal.

Skuadron ini awalnya diangkat pada 15 September 1969, yang diperkuat pesawat tempur Sukhoi Su-7, dan kemudian dengan pesawat serang darat MiG-27.

Skuadron 222 yang telah bangkit akan dioperasionalkan dengan pesawat tempur superior Sukhoi Su-30 yang dilengkapi rudal Brahmos dengan mesin ganda, kata para pejabat.

“Wilayah Samudra Hindia (Indian Ocean Region) yang merupakan penyebaran maritim pusat, yang berbatasan dengan tiga benua, memiliki peran penting dalam perdamaian, keamanan, dan kemakmuran regional. IAF adalah kekuatan intrinsik strategis dan diatur untuk memperluas jangkauan ke Samudra Hindia yang luas, ”kata Tiwari.

‘Tigersharks’, dilengkapi dengan pesawat tempur superioritas udara, yang dipersenjatai dengan rudal BrahMos 2,5 ton yang memiliki jangkauan 300 km, memiliki kemampuan untuk menyerang dari jarak jauh pada target apa pun di laut atau di darat dengan ketepatan akurasi, siang atau malam hari dan dalam segala kondisi cuaca.

Sharing

7 pemikiran pada “India Akan Resmikan Skuadron Su-30MKI Dilengkapi Rudal Brahmos”

Tinggalkan komentar