Jerman Pernah ‘Mencangkok’ Spitfire Inggris dengan Messerschmidt 109

Jakartagreater.com – Nazi Jerman pernah menciptakan pesawat tempur ‘Cangkokan’ selama Perang Dunia Kedua yang merupakan kombinasi dari pesawat tempur Messerschmidt 109 Jerman dan Spitfire Inggris.

Pesawat tempur itu awalnya adalah pesawat Spitfire Inggris yang ditangkap Jerman. Spitfire Inggris yang menderita kerusakan akibat tembakan senjata anti pesawat Jerman itu keliru mendarat di ladang pertanian di Jersey yang diduduki Jerman pada tahun 1942, lansir Dailymail.

Jerman kemudian memperbaiki Spitfire dan mencangkokkan mesin Daimler-Benz yang lebih kuat dan potongan bagian depan pesawat Messerschmidt 109.

Hasilnya ternyata diluar dugaan, pesawat tempur cangkokan Spitfire dan Messerschmidt 109 ternyata memiliki kelincahan, kecepatan dan kekuatan lebih baik dari pesawat tempur yang dimiliki Jerman dan Inggris.

Sayangnya Jerman tidak pernah berhasil memproduksi pesawat cangkokan ‘Messerschmidt 109-Spitfire’ secara massal karena Nazi Jerman tidak tahu bagaimana membangun pesawat Spitfire, yang mungkin bisa menjadi ‘game changer’ andai berhasil diproduksi.

Pesawat cangkokan itu akhirnya dihancurkan oleh serangan bom Sekutu di pabrik Daimler-Benz, dekat Stuttgart pada tahun 1944, dua tahun setelah ditangkap Jerman.

“Jerman menyita pesawat Spitfire kemudian mencoba memasangkan mesin, ujung depan pesawat tempur Me109 mereka, di ujung depan, menghasilkan pesawat ‘hibrida’ yang tampak mengerikan itu,” kata sejarawan penerbangan Inggris Nik Coleman.

“Lucunya itu bekerja sangat baik,” kata Nik Coleman, dan menurutnya pesawat itu lebih baik daripada pesawat tempur asli Inggris dan Jerman. Jerman sendiri tidak pernah mengerjakan proyek lebih lanjut, tetapi menggunakan informasi untuk meningkatkan pesawat tempur masa depan Jerman.

Menurut sejarawan penerbangan Ian McLachlan, pesawat baru itu tampil ‘cukup baik’ setelah beberapa bagian-bagian ditambahkan. “Itu melalui pengujian ekstensif dan melakukan dengan sangat baik pada semua faktor kunci seperti kecepatan dan tingkat pendakian.” Katanya.

Namun hanya satu yang dibuat karena itu tidak realistis untuk melakukannya pada skala yang lebih besar karena hanya ada satu Spitfire yang ditangkap, dan tidak cukup untuk digunakan Jerman.

“Juga, pesawat tempur Messerschmidt 109 lebih dari mampu untuk melawan pesawat tempur Spitfire Mark 5 dan pesawat Focke-Wulf 190 pada umumnya lebih unggul dengan cara apa pun,” kata Ian McLachlan.

Lebih dari 33.000 pesawat tempur Messerschmidt 109 dan 20.000 Spitfire diproduksi Jerman dan Inggris selama Perang Dunia Kedua. Kedua pesawat tempur sering berduel di langit ketika musuh berusaha untuk membangun supremasi udara.

Messerschmidt 109 memiliki persenjataan yang lebih berat dan sedikit lebih cepat, tetapi tidak cocok untuk ‘dogfight’ jarak dekat seperti Spitfire yang lebih gesit dengan kemampuan belok yang lebih baik.

Sharing

Satu pemikiran pada “Jerman Pernah ‘Mencangkok’ Spitfire Inggris dengan Messerschmidt 109”

Tinggalkan komentar