India Tempatkan Su-30MKI dengan Rudal Brahmos di Thanjavur

Jakartagreater.com – Pesawat tempur Sukhoi 30-MKI yang dilengkapi dengan BrahMos akan dikerahkan di sektor utara sesuai analisis ancaman, kata Komandan Angkatan Udara India, lansir Economictimes.

Pesawat tempur Sukhoi-30MKI, yang dilengkapi dengan rudal jelajah supersonik BrahMos, sudah diresmikan operasionalnya di pangkalan udara Thanjavur pada hari Senin. Rudal Brahmos dapat mengenai target pada jarak sekitar 300 kilometer dengan presisi.

Bhadauria mengatakan bahwa keputusan untuk menyebarkan Su-30 MKI di Thanjavur diambil karena lokasinya yang strategis. “Itu memang memberi kita lebih banyak kemampuan mematikan untuk menyerang sasaran karena kemampuan jangkauannya. Tidak ada keraguan, tetapi di mana akan digunakan, tentu saja tergantung pada target yang kita dapatkan,” katanya ketika menanggapi pertanyaan tentang apakah pesawat akan memberikan kemampuan yang lebih kuat kepada Angkatan Udara untuk melakukan operasi seperti saat insiden Balakot.

“Su-30 dengan Brahmos adalah kombinasi maritim terkuat yang kami miliki dalam hal kemampuan senjata. Untuk itu Thanjavur adalah lokasi yang ideal karena akses ke akses ke sisi timur dan barat dan Wilayah Samudera Hindia (IOR) ,” katanya.

Ketika ditanya apakah Angkatan Darat memiliki rencana untuk melantik lebih banyak aset tempur di semenanjung selatan, “Bukan aset tempur, tetapi akan ada Skadron Kapal Tempur Littoral kedua.

Sharing

Tinggalkan komentar