NAVY SEAL Gunakan Wahana Bawah Air Silent Untuk Menyusup

Jakartagreater.com – Pasukan khusus Navy SEAL Amerika Serikat memiliki keahlian khusus melakukan penyusupan dan menyerang posisi kapal perang atau instalasi militer penting musuh di darat maupun di pesisir pantai.

Pasukan SEAL biasanya diluncurkan dari kapal selam nuklir yang menunggu bermil-mil jaraknya dari target, dengan menggunakan kendaraan bawah air Seal Delivery Vehicle ke tujuannya. SEAL Delivery Vehicle (SDV) Mk.8 Mod 0 adalah wahana itu, sebuah kapal selam mini yang kecil dan senyap yang dapat mengangkut pasukan SEAL ke tujuannya, lansir Popular Mechanics.

SEAL Delivery Vehicle (SDV) Mk.8 Mod 0, juga dikenal sebagai Mark 8 atau “Gator Class” – dinamai dari James “Gator” Parks, pensiunan SEAL dan insinyur yang merupakan pendorong kuat pengembangan SDV.

SDV memungkinkan SEAL (singkatan dari Sea, Air, Land) untuk menyusup dengan tenang melalui perairan laut yang gelap, mendarat tepat di bawah hidung musuh.

Gator SDV adalah kapal selam mini yang dirancang untuk membawa enam hingga delapan pasukan komando SEAL dan perlengkapannya. Dua anggota SEAL duduk di depan – pengemudi dan navigator, dengan empat hingga enam penumpang di belakangnya. Ada wadah penyimpanan untuk perlengkapan misi yang terletak di kedua sisi, selain itu SDV juga mengangkut hingga delapan ranjau Mark.5 Limpet Assembly Module (LAM).

Ranjau limpet adalah bom kecil yang dirancang untuk menempel secara magnetis pada lambung baja kapal dan akan meledak untuk melubangi lambung, yang akan merusak atau menenggelamkan kapal musuh.

Tidak seperti kebanyakan kendaraan bawah air yang menggunakan tenaga listrik atau diesel, SDV menggunakan motor listrik dari baterai untuk sistem propulsinya. Motor listrik menggerakkan baling-baling tunggal dengan laju kecepatan sekitar enam knot. Kesenyapan kapal selam kecil ini memungkinkannya lolos dari deteksi sistem sonar pasif.

SEAL menggunakan wahana bawah air Gator untuk sejumlah misi berbasis laut. Meluncur dari kapal selam nuklir atau kapal selam induk, sekelompok pasukan kecil SEAL dapat menyelinap ke garis pantai musuh dan kemudian melakukan misi pengintaian atau menyerbu ke daratan. Bergantian mereka dapat menyelinap melalui pertahanan musuh, memarkir SDV di luar pelabuhan musuh, dan kemudian melanjutkan satu per satu untuk menanam ranjau limpet di lambung kapal musuh.

Mark 8 digunakan oleh Angkatan Laut AS dan pasukan komando Special Boat Service Inggris. Diperkenalkan pada 1980-an, Gators telah melayani sepanjang Perang Dingin dan sedang dalam proses digantikan oleh kendaraan bawah air baru, Mk 11.

Sharing

4 pemikiran pada “NAVY SEAL Gunakan Wahana Bawah Air Silent Untuk Menyusup”

Tinggalkan komentar