Jet Siluman J-20 Terus Maju dengan Mesin WS-10 - JakartaGreater

Jet Siluman J-20 Terus Maju dengan Mesin WS-10

Jakartagreater.com – Pesawat tempur JF-17 Thunder versi Block III telah melakukan penerbangan perdananya, dan disaat bersamaan China tampaknya membuat kemajuan dengan pesawat tempur siluman J-20 yang dilengkapi dengan mesin buatan dalam negeri.

Pada tanggal 27 Desember 2019 muncul gambar jet tempur JF-17 Block III yang terbang dari pusat produksi AVIC di Chengdu. Satu gambar lainnya memperlihatkan jet tempur lepas landas di depan sekelompok tamu VIP yang duduk, dengan spanduk merayakan acara yang tergantung di sebuah gedung, lansir Flightglobal.

Pada pertunjukan udara Paris Juni lalu, seorang pejabat program mengatakan penerbangan pertama JF-17 Blok III akan dilakukan sebelum akhir tahun 2019.

Secara visual, sulit untuk membedakan antara versi JF-17 sebelumnya dan versi Blok III yang baru. Satu perbedaan penting tampaknya adalah tampilan head-up display yang jauh lebih besar mirip dengan yang terlihat pada J-20.

Selain itu, tampaknya ada penambahan antena penerima peringatan radar di dekat lubang asupan udara dan di bagian ekor. Di Paris, pejabat program mengatakan perbedaan struktural utama dengan Blok III terletak pada lubang asupan udara yang lebih besar. Namun, pada gambar awal Blok III, lubang inlet tersebut masih serupa dengan Blok I dan Blok II.

Terlepas dari penampilan, perubahan yang paling mendalam untuk versi baru adalah penambahan radar active electronically scanned array (AESA). Pada Juni 2019, jenis radar belum diputuskan, tetapi media FlightGlobal melaporkan ada dua tipe radar yang bersaing: China Electronics Technology Group KLJ-7A, dan AESA dari AVIC yang diklaimnya adalah radar berpendingin udara pertama.

JF-17 Blok III juga akan memiliki rangkaian peperangan elektronik terintegrasi baru.

Secara terpisah, muncul gambar sepasang jet siluman J-20 baru yang tampaknya ditenagai oleh mesin WS-10 buatan Taihang Shenyang, yang berbeda dengan versi upgrade dari mesin Saturnus AL-31 yang menjadi mesin sebagian besar pesawat sampel. WS-10 – yang juga memperkuat jet tempur Shenyang J-11B (kloningan Su-27) memiliki mesin dengan exhaust berbentuk gerigi gergaji, sedangkan AL-31 memiliki exhaust berbentuk kelopak bunga. Pengamat internet percaya bahwa hanya empat jet siluman J-20 yang menggunakan mesin WS-10 yang telah diproduksi.

Mesin terbaik untuk jet siluman J-20 yang diberi nama Xian Aero Engine WS-15 Emei yang lebih kuat, namun masih belum diketahui kapan akan diintegrasikan dan waktu pengujiannya juga masih belum jelas.

2 pemikiran pada “Jet Siluman J-20 Terus Maju dengan Mesin WS-10”

Tinggalkan komentar