J-20 Lakukan Skenario Dogfight dengan J-10C dan J-16

Jakartagreater.com – Untuk memperingati pertempuran udara pertamakali yang pernah dilakukan, People’s Liberation Army Air Force (PLAAF) memposting video pesawat tempur J-20 “Weilong” yang melakukan dogfight dalam skenario pertempuran udara berkecepatan tinggi dengan jet tempur canggih China lainnya seperti J-16 dan J-10C, lansir Sputnik.

Dahulu, pada 21 Januari 1951, pilot PLAAF untuk pertama kalinya terbang di langit di atas Korea ketika satu skuadron pesawat tempur MiG-15 China mengejutkan empat pesawat pembom F-84 Thunderjets Angkatan Udara AS di sepanjang Sungai Chongchon, dan terlibat dalam pertempuran udara diketinggian rendah menegangkan yang mengakibatkan satu MiG ditembak jatuh dan satu Thunderjet rusak.

Republik Rakyat Tiongkok yang baru dibentuk bergabung dalam perang Oktober sebelumnya, mengirimkan tentara relawan melintasi Sungai Yalu untuk membantu tentara Korea Utara, dan membayar hutang atas jasa sukarelawan Korea yang membantu PLA dalam perang saudara di China melawan Nasionalis. Serangan balik pesawat PLA menumpulkan kemajuan Amerika, mendorong mereka kembali ke Korea Selatan sebelum mencapai gencatan senjata pada tahun 1953.

PLAAF memberi penghormatan kepada warisan ini pada hari Minggu, memposting video di akun media sosialnya yang memperlihatkan dua pesawat siluman J-20 Weilong dogfight dengan tiga jet tempur PLAAF canggih lainnya, dua J-16 dan satu J-10C. Pilot berasal dari Wang Hai Air Group, sebuah skuad yang diberi nama ace Cina yang bertempur dalam Perang Korea.

Global Times juga mencatat video itu merayakan Festival Musim Semi yang akan datang, atau apa yang orang Barat sebut sebagai Tahun Baru Cina, yaitu pada 25 Januari.

Trio jet tempur canggih adalah bagian dari generasi baru pesawat tempur PLAAF yang mampu bertempur sebagai militer paling kuat di dunia, Times mencatat ketiganya sering disebut sebagai ” three musketeers of the sky.”

Ahli pertahanan udara Fu Qianshao mengatakan kepada Global Times pada hari Senin bahwa latihan itu adalah bagian dari program taktis baru yang sedang dieksplorasi oleh Angkatan Udara untuk menguji kemampuan J-20.

Sharing

2 pemikiran pada “J-20 Lakukan Skenario Dogfight dengan J-10C dan J-16”

  1. Times mencatat ketiganya sering disebut sebagai ” three musketeers of the sky.”
    ————————————————————–
    Kalo USAF juga punya, F22, F35 dan F15SE yg biasa disebut “Trio Kwek Kwek”……. Xicixicixicixicixi

Tinggalkan komentar