Polandia Sepakat Beli 32 Pesawat Tempur F-35

1200px Testflyging av første norske F 35 22492943335 06 1 e1579887361924

Jakartagreater.com – Kesepakatan Warsawa untuk membeli puluhan pesawat siluman F-35 dari AS akan ditandatangani minggu depan, kata menteri pertahanan Polandia di radio Polandia, pada Rabu, 22-1-2020, dirilis Sputniknesw.com pada Kamis 23-1-2020.

Dalam sebuah wawancara dengan program radio Channel One “Sygnaly Dnia” (“Sinyal Hari Ini”), Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan kesepakatan itu akan diselesaikan minggu depan, dengan pesawat pertama dikirim pada tahun 2024.

“Kami pada dasarnya telah menyelesaikan negosiasi, dengan hanya sedikit masalah prosedural yang masih tertunda. Saya yakin bahwa pada Januari 2020, kami akan menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat untuk pembelian 32 pesawat F-35, pesawat paling modern di Amerika Serikat.” dunia, “kata Blaszczak, menurut The First News.

“Pesawat pertama untuk Polandia akan siap pada 2024. Ini adalah hasil dari hubungan yang sangat baik antara Presiden Andrzej Duda dan Presiden AS Donald Trump,” kata Blaszczak kepada Channel One, menurut Polska Times.

“Keputusan Departemen Luar Negeri AS yang menyetujui penjualan 32 pesawat F-35 canggih ke Polandia berarti bahwa kita lebih dekat dengan pelaksanaan kontrak ini. Ini adalah kontrak terpenting dalam sejarah untuk Angkatan Darat Polandia; itu adalah pengenalan angkatan udara Polandia ke era baru. Ini adalah penciptaan kemampuan untuk angkatan udara, yang sebelumnya tidak mereka miliki. ”

Pesawat siluman itu akan menggantikan armada Polandia dari 28 MiG-29 buatan Soviet (nama pelaporan NATO “Fulcrum”) yang dibeli dari Republik Ceko dan Jerman setelah keruntuhan sosialisme di Blok Timur. MiGs adalah pesawat yang tangguh, dirancang untuk melawan Jet AS canggih seperti F-15, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan sembunyi-sembunyi dari F-35.

Orang dalam yang dekat dengan kesepakatan itu mengatakan kepada harian Polandia Dziennik Gazeta Prawna biayanya bisa “sedikit lebih” dari total $ 4 miliar, yang meliputi pelatihan dan pasokan suku cadang.

Defense News mencatat Warsawa menolak menandatangani perjanjian penyertaan yang menyertainya, tetapi menurut Pertahanan 24, negara Eropa Timur itu juga tertarik dengan pesawat tak berawak “loyalman” Valkyrie XQ-58A yang saat ini sedang dikembangkan oleh Lockheed Martin untuk menemani F-35 dalam pertempuran.

Oktober lalu, Pentagon menegosiasikan kesepakatan 35 miliar dolar dengan Lockheed Martin untuk menurunkan biaya F-35 yang tersembunyi namun mahal dalam jumlah yang akan datang, yang oleh kontraktor pertahanan disebut “banyak.”

Model F-35A dari jenis yang akan dibeli Polandia akan menelan biaya $ 79.2 juta masing-masing di Lot 13 dan $ 77.9 juta masing-masing di Lot 14, yang menurut Polska Times adalah dua lot yang akan memasok pesawat ke Warsawa.

Lockheed mencatat kesepakatan Pentagon mencakup semua penjualan militer asing serta pesawat yang akan dibeli Washington, yang berarti Polandia akan membayar harga yang sama dengan Amerika.

Namun, bahkan ketika pesawat “dikirim,” mereka tidak akan diterbangkan ke Polandia. Seperti yang terjadi dengan F-35 yang dibeli oleh Inggris, Turki, dan lainnya, pesawat akan dikirim ke Pangkalan Angkatan Udara Luke di negara bagian Arizona, AS, di mana operator masa depan mereka akan melakukan perjalanan untuk pelatihan dengan pilot F-35 Amerika berpengalaman, ungkap Defence 24. Itu berarti F-35 pertama yang memakai Merah Putih mungkin tidak akan terbang di Eropa Timur sampai 2026.

7 thoughts on “Polandia Sepakat Beli 32 Pesawat Tempur F-35”

  1. Itu berarti F-35 pertama yang memakai Merah Putih mungkin tidak akan terbang di Eropa Timur sampai 2026
    ?—————————————–?————————-
    Sejak kapan pesawat tempur kita berencana ditempatkan disono sebagai peace keeper kah

    1. itu kan bahasa kiasan bung… bendera polandia itu putih merah, tetapi mau dibilang memakai merah putih ya sah sah saja, karena memang unsurnya warna putih dan merah yang secara harafiah sama saja terdiri dari merah putih…

      1. Saya baru saja browsing di Wikipedia, sebenarnya Polandia masuknya ke Central Europe dan bukan ke Eastern Europe… sehingga tidak masuk dalam klasifikasi Eropa Timur…

      2. Jadi mungkin kita beli F35 secara diam2 takut ketahuan sama om Putin walau sudah dipermudah pembeliannya cuma karena kita sendiri yang leda lede sendiri tu Sukoi gak terkirim kirim, Rusia mah sudah siap tinggal kirim saja kata mereka, mau apa dikata dan mau bilang apapun atau berdalih apapun mungkin kita memang (maaf) bangsa penakut

        1. Indonesia tidak akan membeli F-35… itu sudah ditawarkan dari awal, dan Indonesia menolak… lagian mendingan membeli F-16V daripada F-35… F-35 itu terlalu mahal, biaya perawatan mahal, biaya operasional mahal, daya jelajah juga pas2an…

Leave a Reply