Semarak Peringatan Hari Pahlawan

jkgr73
Kemeriahan Peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya (all photos; Ari, Biro Surabaya).

Surabaya – Gelora hari Pahlawan begitu kuat terasa di Surabaya, saat saya menapaki jalan jalan dan terasa mereflksikan semangat penduduk tertanam dalam, untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Perjuangan mereka dulu tidak sia-sia karena rakyat Surabaya terlihat terus membawa semangat perjuangan Pahlawan untuk terus disemai di kota ini, 9/11/2014.

Berbagai elemen masyarakat menyiapkan diri, termasuk dengan baju layaknya pejuang kemerdekaan, tanpa banyak dikordinir. Suasana semakin meriah karena Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, ikut lebur dalam acara yang antara lain bertemakan, “Parade Juang”. Dengan rute Tugu Pahlawan hingga Balaikota, mereka berjalan melewati Jalan Tunjungan dan Hotel Majapahit.

jkgr72

Kegiatan Parade juga diikuti oleh tokoh tokoh Surabaya. Ada 23 kelompok yang ikut meramaikan Parade juang dengan jumlah ribuan orang. Diantaranya dari Komunitas Roode Brug Soerabaia, Drumband Taruna AAL, Drumband Taruna Akademi Pelayaran, Organisasi Masyarakat dan Pelajar sekolah menengah pertama serta sekolah menengah atas.

jkgr74
Kemeriahan Peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya (all photos; Ari, Biro Surabaya).

Parade Juang kental dengan Nuansa Perjuangan dan Militer dengan ditampilkannya Perlengkapan militer diantaranya Panser Anoa, Panhard dan lain lain. Parade ini juga dilengkapi aksi teatritikal diantaranya penyoobekan Bendera Belanda dari merah putih biru menjadi Merah Putih di hotel Yamato (Majapahit) yang dilakukan oleh komunitas masyarakat dan pelajar, dilengkapi dengan suara tembakan dan petasan.

jkgr75

Antusias Masyarakat Suroboyo tampak memenuhi yang membuat kota Surabaya serasa memasuki waktu 69 Tahun yang lalu di mana masyarakat bersatu padu melawan Sekutu yang mencoba menduduki Kota yang dihuni Para Pejuang.

Serasa hanyut dalam suasana perang 10 November1945 walau hanya lewat bidikan Kamera. (by Ari , Biro Surabaya).

Sharing

Tinggalkan komentar