Pemantapan Kepelatihan Spesialisasi Senjata Bantuan Infanteri

Pasuruan, Jakartagreater.com – Kelas spesialisasi senjata bantuan infanteri (Senbanif) tahap III dilakukan dalam ajang Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Prajurit Kolatmar tahun 2020. Pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan untuk melatih prajurit Kolatmar dalam menyongsong tugas pelatih Senbanif korps Marinir di tahun 2020, Senin 27 Januari 2020.

Tahap III Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Prajurit Kolatmar tahun 2020 merupakan tahapan terakhir sebelum penutupan Latap. Dalam tahap III ini peserta mendalami cara memberikan materi manuver lapangan (Manlap) dan materi praktek melatih yang sebenarnya sesuai dengan kelas spesialisasi yang sudah dilalui pada tahap II.

Kelas Manlap dan praktek melatih senbanif dilaksanakan di Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan, yang diikuti oleh 25 peserta dari perwakilan prajurit pelatih Satuan Pelaksana (Satlaks) Kolatmar. Adapun instruktur materi Senbanif tersebut Mayor Mar Yusbiantoro. Materi Senbanif yang di ajarkan meliputi Mortir 81, Mortir 60 dan GPMG.

Peserta kursus melaksanakan aplikasi lapangan sebagai pelatih Senbanif dengan materi mulai dari :

  1. Menyusun rencana latihan.
  2. Menyiapkan daerah latihan.
  3. Menyiapkan material latihan.
  4. Mengorganisasi personel/pelaku dan melaksanakan praktek melatih Senbanif yang dilanjutkan dengan pendalaman teknik penilaian serta evaluasi latihan.

Materi melatih yang dipraktekan dalam manuver lapangan adalah :

  1. Menentukan arah dan jarak tembakan pokok.
  2. Macam-macam tembakan.
  3. Teknik mengoreksi perkenaan di sasaran.
  4. Teknik pengolahan senjata.
  5. Mengatasi gangguan pada senjata.
Pemantapan Kepelatihan Spesialisasi Senjata Bantuan Infanteri

Tujuan M anlap dan praktek melatih Senbanif agar supaya para peserta kursus mampu mengaplikasikan pengetahuan di kelas yang dilaksanakan dilapangan dengan teknik CMI yang baik dan benar.

Mampu merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi latihan menembak senbanif. Dapat mengaplikasikan teknik melatih Senbanif sesuai dengan nikgarlat. Sehingga selesai mengikuti manlap ini para peserta siap melatih Senbanif ke seluruh prajurit infanteri Korps Marinir. (Marinir TNI AL).

Sharing

Tinggalkan komentar