Portugal Jual Lagi 5 F-16 ke Rumania

Jakartagreater.com – Bertempat di Pangkalan Udara Real Monte, distrik Leiria, pada hari Senin Kementerian Pertahanan Portugal secara resmi mengumumkan penjualan lima pesawat tempur F-16 ke Rumania, dalam kesepakatan senilai 130 juta euro, lansir Publico.

“Dengan proses ini, kami tidak hanya mendivestasi pesawat tempur, tetapi juga membangun hubungan kerjasama yang sangat dekat dengan Angkatan Udara Rumania, dengan pilot dan seluruh tim pemeliharaan,” kata Menteri Pertahanan Portugal Joao Gomes Cravinho.

Berbicara kepada wartawan, pejabat pemerintah Portugal lainnya menekankan bahwa para pesawat tempur yang dijual kepada Rumania masih memperkuat Angkatan Udara Portugal, tetapi menurut analisis yang dibuat dalam sistem militer Portugal “dapat dilepaskan ”.

Menurut Joao Gomes Cravinho, pesawat tempur akan menjalani proses modernisasi dan pembaruan di OGMA – Indústria dirgantara Portugal, dengan dua F-16 pertama akan dikirim pada bulan Juni, dua pesawat lagi akan dikirim pada bulan Oktober dan yang kelima akan dikirimkan pada awal tahun 2021.

Kesepakatan senilai 130 juta euro, selain mencakup penjualan pesawat tempur F-16, juga termasuk pelatihan teknisi Rumania dan pemeliharaannya.

Sebelumnya pada Oktober 2013 Rumania membeli batch pertama F-16 dari Portugal yang terdiri dari sembilan unit F-16A standar satu kursi buatan tahun 1999 yang dibeli Portugal dari AS di bawah program Peace Atlantis II , dan tiga F-16B dua kursi yang dibeli oleh Portugal dalam kondisi bekas dari stok berlebih AS melalui program Excess Defense Articles (EDA).

Ke-12 F-16 batch pertama menjalani pembenahan dan peningkatan ke standar F-16AM / BM oleh Lockheed Martin dan dikirimkan pada September 2016, dengan penyerahan enam unit pertama. Ini diikuti oleh pengiriman tiga lagi pada 13 Desember 2016, dan tiga unit terakhir pada Oktober 2017.

0 Shares

Satu pemikiran pada “Portugal Jual Lagi 5 F-16 ke Rumania”

Tinggalkan komentar