Melihat Lebih Detail LMS Keris Class Malaysia

Jakartagreater.com, Shah Alam – Kapal perang pesisir KD Keris adalah kapal Royal Malayasia Navy (RMN) pertama yang dilengkapi dengan mesin seri MTU 4000, kata Komandan Mohd Zulkarnain Mohd Rawi. Namun dia tidak mengatakan kemungkinan ketiga Littoral Mission Ships (LMS) lainnya juga dilengkapi dengan mesin yang sama, lansir Malaysia defense.

Keris class juga merupakan kapal perang Malaysia pertama yang dilengkapi dengan dua boat bermesin diesel yang diluncurkan dan di recovered dari buritan kapal saat sedang bergerak. Boat tersebut bisa memuat 10 pelaut sekaligus.

Sebagian besar armada kapal perang RMN termasuk fregat Lekiu dan Kasturi class juga dilengkapi dengan mesin MTU. Bahkan dua kapal tertua RMN, KD Sri Perlis dan KD Sri Johor juga dilengkapi dengan mesin MTU, meskipun kini kemungkinan sudah berusia sekitar 55 tahun.

Dua mesin seri MTU 4000 pada Keris, ditenagai oleh dua propeler pitch yang mampu memacu kecepatan hingga maksimum 22 knot. Kapal ini juga dilengkapi dengan tiga generator diesel dan satu generator diesel darurat.

Keris class dipersenjatai dengan canon remote control gun 30mm CS / AN3. Selain itu Keris juga dilengkapi dengan dua senapan mesin 12,7mm yang dipasang di area dek anjungan.

Canon 30mm dapat ditembakkan secara manual atau jarak jauh dari pusat informasi pertempuran. Ruang combat information centre (CIC) Keris terletak di belakang anjungan, tata letak yang mirip dengan fregat Kasturi class. Peralatan ruang komando Keris adalah campuran dari buatan pinyin Cina dan Inggris.

Menurut informasi dari RMN, peralatan kapal meliputi radar udara / permukaan, sistem manajemen tempur (CMS) dan eletronic support measure (ESM).

Radar air/surface, EOTS, CMS dan ESM diproduksi oleh Jiangsu Research Automated Research Institute (JARI). Sedangkan radar navigasi dan scanner radar dibuat oleh Northrop Grumman Sperry Marine.
blank

Kapal Keris dibangun oleh Wuchang Shipbuilding Industrial Group di Wuhan, Cina. Pemotongan baja pertamanya dilakukan pada 31 Juli 2018, dan diluncurkan pada 15 April 2019. Kapal Keris dikirim ke Angkatan Laut Malaysia pada 31 Desember 2019, dan ditugaskan pada 6 Januari 2020.

Untuk saat ini kapal LMS Keris akan bermarkas di pangkalan angkatan laut Sepanggar.

Di masa depan Keris class direncanakan akan dipersenjatai dengan berbagai persenjataan sesuai dengan perannya, seperti meriam utama, rudal dan torpedo. Kapal-kapal akan dapat membawa hingga tiga kontainer modul misi yang bisa disesuaikan untuk misi perang, hidrografi dan Intelligence, Surveillance, and Reconnaissance.

Sharing

4 pemikiran pada “Melihat Lebih Detail LMS Keris Class Malaysia”

Tinggalkan komentar