Yunani ‘Deal’ Upgrade F-16 Setara Viper

Jakartagreater.com – Yunani baru-baru ini menutup kontrak dengan Lockheed Martin untuk meningkatkan armada jet tempur F-16 selama tujuh tahun ke depan. Kesepakatan itu muncul meski Yunani sedang mengalami krisis keuangan dan menghadapi ketegangan yang meningkat dengan Turki, lansir I-hls.

Menteri Pertahanan Yunani telah menyebutkan bahwa 84 jet tempur F-16 akan ditingkatkan ke Viper class canggih pada tahun 2027. Seluruh program ini diperkirakan akan menelan biaya sekitar US$ 1,5 miliar.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyetujui kesepakatan antara Yunani dan Lockheed Martin pada tahun 2017. Alasan persetujuan itu karena Amerika Serikat percaya bahwa perjanjian tersebut akan memajukan tujuan Amerika dengan “meningkatkan keamanan sekutu NATO yang merupakan mitra penting untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Eropa ”.

Dalam beberapa tahun terakhir, Yunani telah memperkuat hubungannya dengan Amerika Serikat karena ekspansi militer Turki. Turki dan Yunani saat ini memperdebatkan batas-batas laut dan wilayah udara, serta hak pengeboran minyak dan gas di laut Mediterania Timur, tulis Military.com. Ketegangan antara kedua negara semakin meningkat setelah Turki mengirim kapal-kapal pengeboran ke pantai utara Siprus, sekutu Yunani.

Yunani dan Amerika Serikat juga telah menandatangani perjanjian yang memungkinkan peningkatan aktivitas militer Amerika di tiga pangkalan militer Yunani dan untuk peningkatan operasi di pangkalan angkatan laut Amerika di Pulau Kreta, Yunani. Seorang pejabat Amerika telah menyebutkan bahwa hubungan yang diperkuat antara Yunani dan AS tidak terkait dengan tindakan Turki.

Sharing

Satu pemikiran pada “Yunani ‘Deal’ Upgrade F-16 Setara Viper”

Tinggalkan komentar