Tank Medium KAPLAN MT/ Harimau Segera Diproduksi Massal

Jakartagreater.com – Project kerjasama pengembangan tank medium antara Indonesia dan Turki yang diberi nama Kaplan MT atau Harimau akan segera memasuki jalur produksi massal.

Pada tahap pertama dari kontrak kerjasama, 18 tank KAPLAN MT akan diproduksi. Kemungkinan 10 tank medium akan dibangun di Turki dan 8 tank medium Harimau akan dibangun di Indonesia.

Tank KAPLAN MT atau Harimau termasuk dalam kategori tank medium. Berbobot 32 ton, Harimau mengusung laras meriam bertekanan tinggi Cockerill kaliber 105mm. Dengan menggunakan turret buatan CMI Cockerill 3105 dengan sistem pengisian amunisi canggih, tank mampu memuntahkan amunisi berdaya ledak tinggi meski berbobot ringan.

Sharing

8 pemikiran pada “Tank Medium KAPLAN MT/ Harimau Segera Diproduksi Massal”

  1. Lincah, mobilitas tinggi, berkaliber besar lumayan buat penggempur atau bertahan dan paling penting bisa produksi sendiri (walau masih joint venture) semoga negara cukup dana utk pesan minimal 100 unit buat tentara imperium NKRI.

  2. Konde di turret agak panjang seperti centurion jadul bikin siluet makin terlihat. Kalau hanya untuk misi blokade sih kayaknya bagus dengan canon 105, tapi kalau ketemu MBT harus muter2 supaya dapat hit angle. (Apakah menurut para master disini canon 105 ini mampu menembus armour T90 standard atau minimal T72 dengan munisi HEAT secara frontal?).

    • Menurut saya dengan kondisi geografis Indonesia, medium Tank seperti ini sudah cukup mumpuni karena memang wilayah Indonesia yang cenderung berbukit dan berlumpur… dan selama ini ancaman serius seringnya hanyalah GPK yang tidak memiliki sistem senjata anti Tank kelas berat…
      Kalau untuk menghancurkan MBT seperti T-90/T72 mungkin lebih sulit, apalagi jika dilindungi dengan pelindung reaktif armor… dan mestinya bukan tupoksinya untuk melawan MBT

Tinggalkan komentar