Rafale Ke-2 India Sukses Uji Terbang

Jakartagreater.com – Pesawat tempur Rafale kedua pesanan Angkatan Udara India suskes melakukan uji penerbangan. Rafale dengan tail number TB002 akan segera menyusul Rafale TB001 yang secara resmi sudah diserahkan kepada Angkatan Udara India pada Oktober 2019.

Pesawat tempur Rafale direncanakan sudah akan terbang ke langit India pada bulan Mei 2020. Bergabungnya armada udara Rafale sangat penting untuk Angkatan Udara india (IAF) yang akan segera menonaktifkan pesawat tempur MiG-21 Bison.

India adalah negara keempat setelah Prancis, Mesir, dan Qatar yang menerbangkan Rafale. India menandatangani kesepakatan senilai €7,87 juta pada tahun 2016 dengan Perancis untuk membeli 36 Rafale.

Menurut para analis, Rafale bisa menjadi game changer bagi India yang sebelumnya banyak diperkuat pasawat tempur dari generasi 3 dan 4 seperti MiG-21 dan Mirage 2000. Rafale yang canggih diklaim sebagai pesawat tempur generasi 4++ karena menggunakan sebagian teknologi generasi 5 dan cangkokan 13 perangkat khusus sesuai keinginan Angkatan Udara India.