Destroyer Type 052D, Pembunuh Kapal yang Mematikan

Jakaratgreater.com – Kapal perusak Type 052D dianggap sebagai kapal tempur paling tangguh yang dimiliki oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat.

Perusak Tipe 052D memiliki bobot standar 6.300 metrik ton, dan dilengkapi berbagai macam senjata, termasuk meriam naval kaliber 130 mm, canon multilaras CIWS, 64 peluncur VLS untuk rudal anti-pesawat jarak jauh HHQ-9, rudal anti pesawat jarak dekat HQ-10, rudal jelajah YJ-18 atau YJ-83 dan rudal anti kapal selam CY-5, juga torpedo Yu-7.

Kapal ini menggunakan sejumlah teknologi mutakhir. Angkatan Laut mengatakan bahwa perusak Tipe 052D memiliki desain siluman dan dapat bertindak sebagai pengawal kuat bagi armada kapal induk China.

Destroyer mampu melakukan misi serangan anti-kapal, anti-kapal selam dan anti serangan udara, dan telah digambarkan oleh beberapa pengamat Barat sebagai “pembunuh kapal”.

Perusak Type 052D seri pertama, CNS Kunming, bergabung dengan Angkatan Laut Tiongkok pada bulan Maret 2014. Angkatan Laut telah membangun setidaknya 17 Destroyer Type 052D dan 11 di antaranya sudah beroperasi, menurut pengamat militer yang mengikuti pengembangan senjata dari Angkatan Laut PLA.

Destroyer Kunming class Type 052D (sebutan NATO: Luyang III) adalah salah satu generasi terbaru Destroyer rudal berpemandu Angkatan Laut Cina. Kapal perusak dibangun dengan basic dari pendahulunya, Type 052C dan kemungkinan memiliki lambung yang sama. Namun Tipe 052D menggabungkan banyak perbaikan pada desain serta sistem sensor dan persenjataannya. Kapal perang modern ini dianggap setara dengan kapal perusak AEGIS Amerika.

Sharing

3 pemikiran pada “Destroyer Type 052D, Pembunuh Kapal yang Mematikan”

  1. Desainnya mirip Arleigh Burke, tapi salut kepada Cina tanpa banyak komentar tak perlu pakai kelamaan mikir tak gubris omelan asing tak peduli mau model jiplakan seperti apa penting mampu copy paste dan produksi sendiri, akibatnya ilmu dan teknologi asing terkuasai dengan sendirinya secara otodidak, alhasil banyak sekali nilai ekonomisnya apalagi manakala bisa ekspor tu perkakas dan yang paling penting cina menjadi mandiri dan kuat.

  2. Mungkin kita perlu juga beli ni kapal dari cina buat penguatan tentara laut kita, biasanya harganya murah beli 2 malah dapat 3 ndak perlu khawatir bakalan dihack atau apapun, siapa yg tak ciut nyalinya jika berhadapan dengan meriam 130 mm nya, ciws copyan goalkeeper depan belakang belum lagi bejibun rudal dan beli dapet sepaket tu semua armament nya

Tinggalkan komentar