Serbia Menerima Pengiriman Pantsir S1 dari Rusia

Jakartagreater.com – Serbia dikabarkan sudah menerima pengiriman pertama sistem pertahanan udara jarak dekat Pantsir dari Rusia. Serbia dan Rusia sebelumnya sudah menandatangani kesepakatan pembelian Pantsir pada tahun 2019 meskipun Serbia berkeinginan untuk bergabung dengan Uni Eropa.

“Serbia memperkuat kemampuan pertahanan dan pencegahnya,” kata kementerian Pertahanan Serbia melalui sebuah pernyataan. “Dengan cara ini, kemampuan kita untuk tetap netral secara militer semakin diperkuat, yang merupakan komitmen keamanan mendasar Panglima Angkatan Bersenjata Serbia, Aleksandar Vucic, Pemerintah dan Majelis kita,” tambah Kementerian Pertahanan, lansir MoD,Gov.

Pembelian sistem Pantsir, yang terdiri dari radar, rudal darat-ke-udara dan meriam 30-mm, telah disetujui tahun lalu. Sistem Pantsir dimaksudkan untuk pertahanan melawan rudal jelajah, drone, dan pesawat terbang di ketinggian hingga 15.000 meter, serta jangkauan hingga 20 kilometer.

Beberapa hari lalu Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengunjungi Beograd di mana ia menyatakan kedua negara telah mencapai tingkat baru yang “secara fundamental”.

Serbia tetap menjadi sekutu utama Rusia meskipun negara itu kandidat Uni Eropa. Serbia telah berjanji untuk tetap diluar NATO, dan menolak untuk bergabung dengan sanksi oleh Barat terhadap Rusia atas konflik di Ukraina timur.

Sharing

Satu pemikiran pada “Serbia Menerima Pengiriman Pantsir S1 dari Rusia”

Tinggalkan komentar