Turki Bangun Pusat Pengujian Pesawat TF-X Terhadap Efek Petir

Jakartagreater.com – Turki berencana untuk mendirikan pusat fasilitas pengujian pesawat tempur terhadap efek petir, dalam lingkup proyek pengembangan pesawat tempur generasi kelima TF-X National Combat Aircraft (MMU), lansir Defenseworld.

Ankara tampaknya mempercepat pengembangan pesawat tempur dalam negeri setelah diusir dari program F-35 karena pembelian S-400 dari Rusia. Beberapa hari yang lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkomentar bahwa membangun TF-X “adalah respons terbaik bagi mereka yang mengancam untuk mengakhiri keterlibatan Turki dalam program F-35.”

“Saya berharap pesawat tempur kita, yang akan menggunakan sumber daya domestik di setiap tahap desain dan produksi, akan terbang keluar dari hanggar pada tahun 2023,” kata Erdogan.

Jet tempur siluman TF-X diperkirakan akan melakukan penerbangan perdananya menggunakan mesin domestik pada tahun 2029. Pesawat TF-X akan menggantikan pesawat tempur F-16 milik Turkish Air Forces Command’s, menjelang fase bertahap terakhir sepanjang tahun 2030-an.

Pusat Pengujian Petir (The Lightning Testing Center) akan didirikan dalam ruang lingkup protokol yang ditandatangani antara Turkish Aerospace Industries (TAI) dan Hizal Ltd. Co, sebuah perusahaan kontraktor Defense and Aviation Cluster (OSSA) Middle East Industry and Trade Center (OSTIM), lapor Daily Sabah pada hari Rabu.

Fasilitas ini diatur untuk memiliki perangkat uji yang mampu menghasilkan voltase tegangan dari 1.000 hingga 1 juta volt, memungkinkan pengujian semua jenis pesawat, subsistem, komponen dan material.

Fasilitas pengujian yang direncanakan akan mencakup laboratorium uji efek langsung petir tegangan tinggi, tes sistem bahan bakar dan uji arus tinggi, ruang kontrol untuk uji sistem pengukuran, bengkel dan unit pendukung serta area personel, dan akan digunakan untuk melatih staf ahli dan insinyur dan teknisi di bidang energi terkait.

Pengujian yang dilakukan di pusat akan mengurangi biaya dan mempersingkat waktu untuk proses pengujian yang sebelumnya dilakukan di luar negeri, tulis laporan itu.

0 Shares

Satu pemikiran pada “Turki Bangun Pusat Pengujian Pesawat TF-X Terhadap Efek Petir”

  1. Repot amir pake pengujian dan penelitian mahal itu mah pilotnya saja sembahyang di masjid Agung Kudus trus mandiin tuh pesawat pakai air dari masjid dijamin tak ada pesawatnya yg kena petir, Ki Ageng Selo mah mainannya petir, thats why ndak pernah ada petir atau geledek di kota Kudus dan sekitarnya sampai sekarang

Tinggalkan komentar