Kapal Selam Midget Delfin class Terungkap Tanpa Sengaja

Jakartagreater.com – Baru-baru ini foto yang memperlihatkan sebuah kapal selam misterius secara tidak sengaja diabadikan oleh seorang turis. Tersembunyi di bawah bayang-bayang dekat dermaga, dan di belakang pohon palem, salah satu kapal selam paling langka milik Kuba dapat dilihat dan dipelajari olah para analis.

Ini kemungkinan adalah kapal selam Delfin class milik Angkatan Laut Kuba, dan sejauh ini merupakan gambar yang paling jelas. Ini juga bukti bahwa Delfin telah aktif di Selat Florida, lansir Forbes.com.

Ada beberapa area persenjataan militer yang diselimuti oleh kerahasiaan seperti kapal selam. Dan bahkan di antara beberapa kapal selam ada yang lebih dirahasiakan dari pada kapal selam yang lain. Salah satu yang paling tidak dikenal adalah kapal selam Delfin class Kuba. Analis pertahanan hanya mengetahui satu foto lain yang dibagikan secara publik, dan itu sudah lama dan berkualitas buruk. Gambar baru ini memberi pandangan yang jauh lebih jelas dan detail.

Delfin adalah kapal selam tunggal Kuba. Semasa era Perang Dingin, Angkatan Laut Kuba memiliki tiga kapal selam serang yang dipasok oleh Uni Soviet. Tapi seperti kebanyakan kapal besar Kuba, kapal selam ini sudah lama pensiun. Hingga hari ini Angkatan Laut Kuba mengoperasikan campuran berbagai peralatan perang era Soviet kuno, kapal pukat ikan yang dikonversi dengan rudal dan helikopter, dan berbagai kapal kecil dengan torpedo improvisasi. Delfin adalah yang paling mengesankan dari kapal-kapal buatan Kuba ini.

Kemungkinan kapal selam midget Delfin class (foto : SAHUREKA / H I SUTTON)

Kapal selam ini juga kemungkinan yang paling ampuh. Kita tidak bisa memastikan apakah Delfin bersenjata; banyak yang tersembunyi dari pandangan. Tapi dari ukuran tubuhnya, jika dibandingkan dengan kapal selam di tempat lain, Delfin kemungkinan bisa membawa dua torpedo kelas berat. Ini menghadirkan ancaman serius jika bertemu dengan kapal perang musuh.

Tenggelamnya kapal perang Cheonan Korea Selatan pada tahun 2010 mengingatkan kita bahwa bahkan kapal selam yang belum sempurna dapat menjadi senjata yang sangat efektif jika memiliki kejutan di pihaknya. Cheonan benar-benar rusak terbelah menjadi dua oleh torpedo yang diyakini ditembakkan dari kapal selam Korea Utara. Dan kapal selam itu dirancang untuk kejutan.

Kapal selam Delfin cukup kecil, hanya sekitar 21 meter panjangnya, dengan berat kemungkinan sekitar 100 ton. Kemungkinan kapal selam dioperasikan oleh lima orang kru dengan mesin diesel kecil untuk membuatnya mampu menyelam. Dan masih banyak yang bisa diilhat dan dianalisa pada kapal selam Delfin class di masa mendatang.

Sharing

9 pemikiran pada “Kapal Selam Midget Delfin class Terungkap Tanpa Sengaja”

  1. Buat admin, Tolong Pantsir S1 disuriah yang Jadi Kaleng rongsokan dibahas juga Min, dibuatkan artikelnya. Kata Sales RosoboronExport Pantsir adalah salah satu pertahanan udara yang Sakti mandraguna ??? Benar gk tuch ? Apa cuma sakti diBrosurnya aja ?
    Matur suwun

    • Kelihatane gk bakal di muat bro, di sini lebih condong fans boy Russia, kalau alutsista Russia hancur, jarang banget di jadikan artikel,. Coba agan kunjungi blog airspace review atau jejaktapak, di situ banyak artikel tentang pantsir dan pesawat Sukhoi yg rontok

    • Kenyataan nya lebih banyak alutsista Russia yg rontok, mulai dari perang teluk 1, 2, dan perang Yugoslavia, perang Iran Irak.dan perang Arab israel
      Realita di lapangan banyak Alutsista Russia, terutama pesawat nya yg rontok, kenyataan apalagi yg harus di dustakan

      • Lah iya, kebanyakan alutsista barat utamanya paman Sam dioperasikan sendiri oleh yg empunya pabrik, alias dipakai militer barat sendiri untuk menggempur negara-negara assoooyy. Pd perang teluk I dan II berbagai alutsista modern sekutu dipakai untuk menggasak tank-tank jadul milik Sadham Hussein. Di Suriah pun rudal-rudal buatan Rusia milik pasukan Assad kebanyakan sdh afkiran, plg gress hanya S-300 yg Rusia sendiri sdh tdk memakai.

        • Kurang tepat bro, nyatanya F-16 yang di operasional kan turki, Israel, belanda dan Pakistan bisa mneghajar pesawat buatan russia, bahkan pesawat su24 yg di operasional kan tentara Rusia juga di hajar turki tanpa rusia bisa membalas, udah berapa pantsir yg hancur dan pesawat tempurnya rusia jadi bulan2an pesawat tempur Amerika yg di operasional kan negara lain,

    • Ibarat dihalaman rumah tetangga ente ada yg reseh, berantem melulu dan repotnya keresehan tetangga ente berlanjut membawa ketidak amanan dan kenyamanan rumah tangga ente. Ada beberapa anak bengal mlh dilatih bagaimana cara mencuri jambu, sendal sampai jemuran dirumah ente. Kira-kira ente akan bersikap bagaimana? Biarkan saja, toh itu dirumah tetangga, atau ente sedikit bergaya macho dg melabrak langsung perilaku tetangga ente?

Tinggalkan komentar