Pakistan Pertimbangkan Beli Helikopter Serang Tiongkok

Jakartagreater.com – Setelah gagal mendapatkan helikopter serang buatan Amerika Serikat dan Turki, Militer Pakistan dikabarkan mempertimbangkan pembelian helikopter tempur buatan Cina.

Komandan Angkatan Darat dari komponen Penerbang Pakistan sedang mempertimbangkan untuk membeli helikopter serbu buatan China. Islamabad ingin segera memodernisasi armada helikopter serang yang digunakan dalam angkatan bersenjatanya, karena helikopter termodern AH-64E Amerika Serikat akan tiba di India, lansir Defense24.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pakistan telah gagal untuk mendapatkan pengganti helikopter serbu AH-1F yang telah menua. 48 helikopter Bell AH-1F sekarang menjadi tulang punggung helikopter serbu Pakistan. Solusi yang ditawarkan oleh industri persenjataan Cina akan menjadi obat bagi ketidakmampuan Pakistan yang gagal mendapatkan helikopter serang AH-1Z Amerika Serikat.

Selain itu Pakistan juga gagal membeli helikopter T129 buatan Turki yang kesulitan mendapatkan mesin LHTEC T800 buatan Amerika Serikat. Dengan demikian, Islamabad tidak dapat menyelesaikan rencana pembelian 30 helikopter serang Turki.

Sebelumnya, Amerika menarik diri dari pembiayaan proyek-proyek bantuan untuk tentara Pakistan, dan dengan demikian gagasan tahun 2015 yang akan membeli 12 Helikopter AH-1Zbell gagal.

Menurut Dominic Perry dari Flight Global, Pakistan sebelumnya mempertimbakan helikopter Z-10 dalam versi ME, yang mendapat peningkatan pertahanan aktif dan pasif, mesin yang ditingkatkan dan sistem penginderaan termal.

Jenderal Syed Najeeb Ahmed seperti dikutip oleh Flight Global, menyatakan jika tidak mungkin untuk mendapatkan helikopter AH-1Z dan T129, Pakistan akan mencari solusi alternatif dari Tiongkok. Sebelumnya, Angkatan Darat Pakistan akan mengevaluasi helikopter dua tempat duduk dari helikopter Z-10, tetapi kemudian mempertimbangkan versi yang lebih tua dari helikopter serang buatan Changhe Aircraft Industries Corporation.

Tidak mengejutkan jika Pakistan mencari solusi pembelian persenjataan dari Tiongkok. Kerja sama Cina-Pakistan dalam industri penerbangan telah berjalan lama, sebagaiman terlihat pada kerja sama antara Pakistan Aeronautical Complex dan Chengdu Aircraft Industry Group yang membangun pesawat tempur multirole JF-17 Thunder / FC-1 Xiaolong.

6 pemikiran pada “Pakistan Pertimbangkan Beli Helikopter Serang Tiongkok”

Tinggalkan komentar